Pengaruh Peer Education terhadap Peningkatan Self-Efficacy Ibu Hamil dalam Pemberian ASI pada Bayi

Mardiyah, Siti and Anggorowati, Anggorowati and Nurrahima, Artika (2016) Pengaruh Peer Education terhadap Peningkatan Self-Efficacy Ibu Hamil dalam Pemberian ASI pada Bayi. Masters thesis, Diponegoro University.

[img]PDF
Restricted to Registered users only

5Mb

Abstract

Self efficacy ibu menyusui merupakan keyakinan dan kemampuan ibu untuk dapat memberikan air susu ibu (ASI) yang cukup pada bayi. Peer education merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk meningkatkan self-effcacy. Peer education adalah pendidikan yang dilakukan oleh sesama ibu hamil yang telah terlatih sebelumnya untuk menjadi peer educator dengan metode berupa diskusi, bermain, sharing dan motivasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh peer education terhadap self-efficacy ibu hamil dalam pemberian ASI pada bayi. Desain penelitian ini adalah quasi experiment dengan rancangan pre-post test with control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 responden ibu hamil pada kelompok intervensi dan 40 responden ibu hamil pada kelompok kontrol. Peer education dilakukan sebanyak tiga kali pertemuan pada kelompok intervensi. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen breastfeeding self efficacy scale (BSES) yang berjumlah 14 pertanyaan. Analisa data dilakukan dengan menggunakan uji independent t-test. Hasil penelitian menunjukan perbedaan self-efficacy ibu hamil pada kelompok intervensi dengan p-value = 0,000 < 0,005, yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan pada peningkatan self-efficacy ibu hamil dalam pemberin ASI antara kelompok intervensi setelah dilakukan intervensi peer education dibandingkan dengan kelompok kontrol. Disarankan bagi pelayanan kesehatan untuk dapat memberikan pendidikan kesehatan dengan metode peer education dalam peningkatan self-efficacy pemberian ASI pada bayi. Kata Kunci: ASI, ibu hamil, peer education, self efficacy Referensi: 77 (1969-2018)

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:R Medicine > RT Nursing
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Nursing
ID Code:63246
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:26 Jul 2018 14:17
Last Modified:26 Jul 2018 14:17

Repository Staff Only: item control page