PENGARUH PEMBERIAN TERAPI MUSIK GAMELAN JAWA TERHADAP TINGKAT KECEMASAN LANSIA DI RUMAH PELAYANAN SOSIAL LANJUT USIA PUCANG GADING SEMARANG

Yusli, Utami Dwi and Rachma, Nurullya (2018) PENGARUH PEMBERIAN TERAPI MUSIK GAMELAN JAWA TERHADAP TINGKAT KECEMASAN LANSIA DI RUMAH PELAYANAN SOSIAL LANJUT USIA PUCANG GADING SEMARANG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]PDF
Restricted to Registered users only

3511Kb

Abstract

xv + 68 halaman + 9 Tabel + 2 Gambar + 18 Lampiran Kecemasan lansia di panti wreda cenderung meningkat setiap hari. Kondisi ini dapat mengakibatkan ketidakmampuan berlebihan dan gangguan pada kualitas kehidupan lebih lanjut pada lansia. Terapi musik gamelan adalah salah satu alternatif terapi pada lansia dengan kecemasan, terutama kecemasan ringan sampai sedang yang sangat mudah untuk dilakukan dan tanpa efek samping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terapi Musik Gamelan Jawa terhadap kecemasan pada lansia di Rumah Pelayanan Sosial Lanjut Usia Pucang Gading Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan quasi experiment design dengan rancangan pretest-postest one group design. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah sampel 40 responden. Pengambilan data menggunakan lembar kuesioner Geriatric Anxiety Scale (GAS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh terapi musik gamelan jawa terhadap tingkat kecemasan Lansia di Rumah Pelayanan Sosial Lanjut Usia Pucang Gading Semarang dengan nilai p value 0,000. Terapi musik gamelan dapat menjadi salah satu alternatif intervensi keperawatan yang dapat dilakukan oleh para care giver di panti wreda untuk dapat diimplementasikan kepada lansia dengan masalah kecemasan. Kata kunci: musik gamelan, lansia, kecemasan Daftar pustaka: 90 (1997-2017)

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RT Nursing
R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nursing
Faculty of Medicine > Department of Nursing
ID Code:63215
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:25 Jul 2018 11:06
Last Modified:25 Jul 2018 11:06

Repository Staff Only: item control page