ANALISIS ASPEK MORFOLOGI JALAN (LAYOUT OF STREETS) KOTA SEMARANG TERHADAP PERTUMBUHAN TATA RUANG DAN WILAYAH MENGGUNAKAN METODE DIGITASI CITRA RESOLUSI TINGGI DAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS

PRASETYO, YUDO and Amarrahman, Fauzi Janu and Nugraha, Arief Laila and 21110112120002, IMANUEL SITEPU (2018) ANALISIS ASPEK MORFOLOGI JALAN (LAYOUT OF STREETS) KOTA SEMARANG TERHADAP PERTUMBUHAN TATA RUANG DAN WILAYAH MENGGUNAKAN METODE DIGITASI CITRA RESOLUSI TINGGI DAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]PDF
Restricted to Repository staff only

13Kb
[img]PDF - Draft Version
Restricted to Repository staff only

8Kb
[img]PDF - Draft Version
Restricted to Repository staff only

909Kb
[img]PDF - Draft Version
Restricted to Repository staff only

1200Kb
[img]PDF - Draft Version
Restricted to Repository staff only

306Kb
[img]
Preview
PDF - Cover Image
3419Kb
[img]PDF - Draft Version
Restricted to Registered users only

331Kb
[img]
Preview
PDF
3904Kb

Abstract

viii ABSTRAK Suatu wilayah tentu akan mengalami dinamika dan pertumbuhan dari waktu ke waktu. Pertumbuhan dalam hal ini menyangkut banyak hal seperti aspek sosial, ekonomi, fisik dan lain-lain. Khusus mengenai aspek yang berkaitan langsung dengan penggunaan lahan kekotaan maupun penggunaan lahan kedesaan adalah perkembangan fisik, khususnya perubahan arealnya. Perkembangan fisik inilah yang mempengaruhi morfologi dari sebuah kota dimana indikator terbesar yang mempengaruhi morfologi dari sebuah kota yaitu morfologi jalan. Jadi dengan memantau morfologi jalan akan ditemukan pengaruhnya terhadap perkembangan fisik dari suatu kota. Area penelitian dilakukan di Kecamatan Mijen yang merupakan bagian dari Kota Semarang. Analisis morfologi jalan ini dilakukan dengan metode digitasi citra satelit resolusi tinggi dan melakukan analisis spasial berbasis Sistem Informasi Geografis (SIG). Digitasi dilakukan di atas citra satelit Quickbird dengan resolusi 0,6 meter dengan multitemporal tahun 2005 dan tahun 2015. Jalan yang didigitasi adalah kelas jalan arteri sekunder, kolektor primer, kolektor sekunder dan jalan lokal. Hasil digitasi ini selanjutnya akan dilakukan perhitungan jumlah keseluruhan panjang jalan di tahun 2005 dan tahun 2015 sehingga diketahui besar pertumbuhan panjang jalan dari tahun 2005 hingga 2015. Selanjutnya akan dilakukan analisis spasial untuk mengidentifikasi morfologi jalan, korelasi pertumbuhan jalan dengan pertumbuhan tata ruang serta melalui analisis statistik spasial dengan cara Standard Deviational Ellipse diperoleh arah pertumbuhan jalan dari Kecamatan Mijen. Dari hasil digitasi jalan yang dilakukan diperoleh nilai pertumbuhan jalan Kecamatan Mijen dari tahun 2005 hingga 2015 sebesar 33709,507 meter atau sebesar 33,709 kilometer dimana nilai ini merupakan total dari panjang jalan untuk semua kelas yang didigitasi. Morfologi jalan yang terdapat di Kecamatan Mijen adalah morfologi jalan tidak beraturan dan morfologi jalan grid. Morfologi jalan tidak beraturan mendominasi morfologi jalan di Kecamatan Mijen hal ini dikarenakan kebanyakan kawasan pemukiman dan pembangunan jalan tidak dilakukan dengan perencanaan. Hal ini berdampak ke perkembangan tata ruang yang mengikuti pola jalan yang ada sehingga di daerah dengan pola jalan tidak teratur perkembangan tata ruangnya juga tidak teratur. Pertumbuhan jalan di Kecamatan mijen mengarah kearah utara dimana di bagian utara terdapat kawasan perumahan Bukit Semarang Baru yang banyak melakukan pembangunan jalan. Kata Kunci : Analisis Spasial, Digitasi, Morfologi Jalan, Standard Deviational Ellipse.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:G Geography. Anthropology. Recreation > GA Mathematical geography. Cartography
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Geodesic Engineering
Faculty of Engineering > Department of Geodesic Engineering
ID Code:63153
Deposited By:nur kholis geodesi undip
Deposited On:24 Jul 2018 12:00
Last Modified:24 Jul 2018 12:00

Repository Staff Only: item control page