HUBUNGAN ANTARA HARGA DIRI DENGAN PERILAKU KONSUMTIF PRODUK FASHION BERMEREK PADA SISWA SMAN 3 SEMARANG

Nugroho, Alief Imam and Fauziah, Nailul (2018) HUBUNGAN ANTARA HARGA DIRI DENGAN PERILAKU KONSUMTIF PRODUK FASHION BERMEREK PADA SISWA SMAN 3 SEMARANG. Undergraduate thesis, Undip.

[img]
Preview
PDF
221Kb

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara harga diri dengan perilaku konsumtif produk fashion bermerek pada siswa SMAN 3 Semarang. Perilaku konsumtif merupakan suatu perilaku yang tidak lagi didasarkan pada pertimbangan yang rasional, melainkan membeli sesuatu untuk memperoleh kesenangan. Harga diri adalah keseluruhan evaluasi diri seseorang. Populasi dalam penelitian ini adalah 403 siswa kelas X SMAN 3 Semarang dengan sampel 188 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik cluster sampling. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini adalah Skala Harga Diri (33 aitem; α = 0,896) dan Skala Perilaku Konsumtif Produk Fashion Bermerek (30 aitem; α = 0,915). Hasil analisis Spearman Rho menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif yang tidak signifikan antara harga diri dengan perilaku konsumtif produk fashion bermerek (r = -0,58 dan p = 0,430).

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:63148
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:23 Aug 2019 09:08
Last Modified:23 Aug 2019 09:08

Repository Staff Only: item control page