ANALISIS PELAKSANAAN PROGRAM PENGELOLAAN PENYAKIT KRONIS (PROLANIS) BPJS KESEHATAN DI PUSKESMAS KOTA SEMARANG (STUDI KASUS PADA PUSKESMAS BULU LOR DAN PUSKESMAS KARANGANYAR)

PUSPARINI, HANIFAH DYAH (2018) ANALISIS PELAKSANAAN PROGRAM PENGELOLAAN PENYAKIT KRONIS (PROLANIS) BPJS KESEHATAN DI PUSKESMAS KOTA SEMARANG (STUDI KASUS PADA PUSKESMAS BULU LOR DAN PUSKESMAS KARANGANYAR). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
41Kb

Abstract

Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) ialah program yang dibuat oleh BPJS Kesehatan dengan melibatkan peserta diabetes melitus tipe 2 dan hipertensi serta FKTP untuk memotivasi peserta mencapai kualitas hidup dan mencegah komplikasi penyakit. Namun, pelaksanaan Prolanis di Puskesmas Bulu Lor dan Karanganyar Kota Semarang ada beberapa aktifitas Prolanis tidak sesuai panduan serta adanya kesenjangan antara peserta yang terdaftar dan berkunjung. Tujuan penelitian ini ialah untuk menganalisis pelaksanaan Prolanis pada Puskesmas Bulu Lor dan Puskesmas Karanganyar serta menganalisis variabel yang berkaitan seperti komunikasi, sumber-sumber, disposisi dan struktur birokrasi. Jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitik. Subyek penelitian adalah 5 informan utama yakni pelaksana Prolanis dan 13 informan triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa RRPB dikedua puskesmas masih dibawah 50%, terdapat komplikasi penyakit di kedua puskesmas, lalu perbedaan antara pelaksanaan Prolanis kedua puskesmas terdapat pada edukasi kelompok, home visit , senam,pemeriksaan kesehatan, pelayanan obat. Aktifitas yang sudah sesuai panduan Prolanis yakni konsultasi medis. Dari aspek komunikasi masih terdapat kendala yang dialami oleh kedua Puskesmas. Lalu untuk aspek sumber-sumber di Puskesmas Bulu Lor sudah baik, namun di Puskesmas Karanganyar masih terdapat kendala di bagian staf, kalibrasi alat serta pendanaan untuk konsumsi peserta. Untuk aspek disposisi pelaksana Prolanis kedua puskesmas sudah mendukung namun cenderung kurang memperhatikan terhadap hal administrasi serta monitoring peserta yang tidak rutin hadir. Lalu SOP di kedua puskesmas sudah ada dan sudah dijalankan sesuai SOP. Kemudian masih terdapat ketidakjelasan isi panduan Prolanis yang di buat oleh BPJS Kesehatan Kata Kunci: BPJS Kesehatan, Prolanis, Pelaksanaan, Puskesmas

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:63139
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:17 Jul 2018 09:55
Last Modified:17 Jul 2018 09:55

Repository Staff Only: item control page