GAMBARAN PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PRAKTIK PENDERITA DIABETES MELITUS TIPE II TENTANG INDEKS GLIKEMIK MAKANAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS TLOGOSARI WETAN

NOOR, NAJLA SALSABILA (2018) GAMBARAN PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PRAKTIK PENDERITA DIABETES MELITUS TIPE II TENTANG INDEKS GLIKEMIK MAKANAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS TLOGOSARI WETAN. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
42Kb

Abstract

Prevalensi pasien DM tipe II di Kelurahan Tlogosari Wetan tahun 2017 berjumlah 991 orang dan merupakan daerah dengan prevalensi tertinggi di Kota Semarang. Hal ini memunculkan pertanyaan mengapa hal tersebut bisa terjadi, Tujuan penelitian adalah mengetahui gambaran pengetahuan, sikap, dan praktik penderita DM tipe II tentang indeks glikemik makanan di teritori puskesmas Tlogosari Wetan. Jenis penelitian adalah deskriptif menggunakan pendekatan cross sectional,metode pengumpulan data dengan observasi dan angket Populasi penelitian ini berjumlah 156 penderita,sedangakan sampel penelitian ini berjumlah 65 penderita DM tipe II yang dipilih dengan metode purposive sampling. Hasil penelitian didapat pengetahuan Indeks Glikemik penderita DM tipe 2 dengan kriteria tidak mengetahui 87,69%, cukup mengetahui 9,23% sedangkan mengetahui 3,08 %.Sikap Indeks Glikemik penderita DM tipe 2 dengan kriteria tidak percaya 12,31%, cukup percaya 26,15% sedangkan percaya 61,54%.Praktik Indeks Glikemik penderita DM tipe 2 dengan kriteria tidak makan makanan ber-Indeks Glikemik tinggi 20%, kadang-kadang makan makanan ber-Indeks Glikemik tinggi 49,23% sedangkan makan makanan ber-Indeks Glikemik tinggi 30,77% Kata Kunci: Diabetus melitus, DM tipe II, pengetahuan, sikap, praktik.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:63126
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:16 Jul 2018 15:35
Last Modified:16 Jul 2018 15:35

Repository Staff Only: item control page