Pengaruh Pemberian Ekstrak Daun Jambu Biji terhadap Perubahan Indeks Massa Tubuh pada Orang dengan HIV-AIDS (Studi di Kelompok Dukungan Sebaya Arjuna Plus Kota Semarang)

ATHIYAH, ATHIYAH (2018) Pengaruh Pemberian Ekstrak Daun Jambu Biji terhadap Perubahan Indeks Massa Tubuh pada Orang dengan HIV-AIDS (Studi di Kelompok Dukungan Sebaya Arjuna Plus Kota Semarang). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
45Kb

Abstract

Orang dengan HIV-AIDS (ODHA) mengalami penurunan sistem kekebalan tubuh secara terus menerus yang disertai dengan semakin buruknya status gizi seseorang yang dinyatakan dalam Indeks Massa Tubuh (IMT). Daun jambu biji mengandung flavonoid, tannin 17,4%, fenolat 575,3 mg/g, dan minyak atsiri. Daun jambu biji merupakan alternatif lain sebagai sumber antioksidan yang berasal dari senyawa yang terkandung dalam daun jambu biji.Tujuan penelitian ini menganalisis pengaruh pemberian ekstrak daun jambu biji terhadap IMTpada ODHA di KDS Arjuna Plus Semarang. Jenis penelitian Quasi Experimental dengan Non Equivalent Control Group Design yang terdiri dari kelompok kontrol dengan tidak diberi ekstrak dan kelompok intervensi dengan diberi ekstrak daun jambu biji dengan dosis 1 kapsul/hari selama 20 hari. Teknik pengambilan sampel menggunak purposive sampling dengan jumlah masing-masing kelompok 25 responden yang disesuaikan dengan kriteria. Status gizi responden diukur dengan Indeks Massa Tubuh (IMT)diawal sebelum perlakuan dan diakhir setelah perlakuan. Data dianalisis dengan uji beda menggunakan Mann Whitney , Independent T-test , dan Dependent T-test . Hasil penelitian menunjukkan tidak beda secara signifikan perubahan IMT atara kedua kelompok namun peningkatan IMT sebesar 0,07±0,48 pada kelompok intervensi. Terjadi perubahan IMT tidak naik 72% pada kelompok control dan 48% pada kelompok intervensi.Faktor yang tidak dapat dikendalikan dalam penelitian ini adalah lama seseorang menderita HIV Kata Kunci: Indeks Massa Tubuh, ekstrak daun jambu biji, Orang dengan HIV/AIDS, kelompok dukungan sebaya, asupan zat gizi

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:63114
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:16 Jul 2018 13:39
Last Modified:16 Jul 2018 13:39

Repository Staff Only: item control page