PEMETAAN BAHAYA LINGKUNGAN KERJA DAN RISIKO PENYAKIT AKIBAT KERJA (PAK) PADA PENGRAJIN KUNINGAN BERBASIS SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG)

AMBARITA, SANNITA DEBORA (2018) PEMETAAN BAHAYA LINGKUNGAN KERJA DAN RISIKO PENYAKIT AKIBAT KERJA (PAK) PADA PENGRAJIN KUNINGAN BERBASIS SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
40Kb

Abstract

Pengrajin kuningan terpapar oleh bahaya lingkungan kerja selama bekerja, selain bahaya risiko penyakit akibat kerja juga dapat di alami oleh pekerja. Tujuan penelitian ini adalah adalah untuk menganalisis dan memetakan bahaya lingkungan kerja dan risiko penyakit akibat kerja dengan menggunakan sistem informasi geografis (SIG).Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sampel diambil secara purposif sejumlah 10 orang pekerja pengrajin kuningan di Kecamatan Juwana. Data keluhan risiko penyakit akibat kerja diambil menggunakan kuisioner wawancara mendalam. Identifikasi bahaya lingkungan kerja dianalisis menggunakan Form HIRA. Pemetaan bahaya lingkungan kerja dan risiko penyakit akibat kerja menggunakan software GIS free (PC Arc 10.3).Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahaya lingkungan kerja pada pengrajin kuningan lebih banyak adalah bahaya fisika yang berasal dari mesin yang digunakan. selain itu ada juga bahaya kimia selama proses kerja baik uap maupun debu logam. risiko penyakit akibat pekerjaan yang sebagian besar dikeluhkan responden adalah sesak nafas dan batuk. selain itu nyeri lengan dan nyeri pinggang juga dialami oleh para pekerja.Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahaya dari lingkungan kerja pengrajin kuningan yaitu bahaya fisik, kimia, ergonomi dan psikologi. Sedangkan keluhan risiko penyakit akibat kerja pada pekerja pengrajin kuninganberupa gangguan pernafasan, nyeri lengan, low back pain dan iritasi kulit Kata Kunci: Pemetaan, GIS, Bahaya Lingkungan Kerja, Risiko Penyakit Akibat Kerja (PAK)

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:63062
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:13 Jul 2018 15:43
Last Modified:13 Jul 2018 15:43

Repository Staff Only: item control page