HUBUNGAN BEBAN KERJA FISIK, KELELAHAN KERJA, DAN TEKANAN PANAS DENGAN STRES KERJA (STUDI KASUS PADA PEKERJA BAGIAN PRODUKSI DI KECAMATAN MRANGGEN DEMAK)

ARDIANSYAH, MUHAMMAD ALDI (2018) HUBUNGAN BEBAN KERJA FISIK, KELELAHAN KERJA, DAN TEKANAN PANAS DENGAN STRES KERJA (STUDI KASUS PADA PEKERJA BAGIAN PRODUKSI DI KECAMATAN MRANGGEN DEMAK). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
46Kb

Abstract

Pekerja bagian produksi pemotongan kayu di Kecamatan Mranggen Demak melakukan pekerjaan pengangkatan kayu dengan cara manual. Beban kerja fisik yang berlebihan serta kelelahan yang terjadi akibat aktivitas fisik dapat menyebabkan stres kerja. Tekanan panas sebagai faktor lingkungan kerja dapat menjadi beban tambahan yang dapat menyebabkan stres kerja.Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan beban kerja fisik, kelelahan kerja dan tekanan panas dengan stres kerja.Jenis penelitian ini menggunakan cross sectional study yang merupakan bentuk studi observasional dan bersifat deskriptif analitik. Populasi dari penelitian adalah seluruh pekerja bagian produksi pemotongan kayu di Kecamatan Mranggen Demak yang berjumlah 30 orang dengan metode pengambilan sampel total sampling. Instrumen penelitian ini adalah kuesioner (untuk mengumpulkan data karakteristik responden dan stres kerja), alat ukur Pulse Oxymeter, Reaction Timer, dan Area Heat Stress Monitor (untuk melihat beban kerja fisik, kelelahan kerja dan tekanan panas). Hasil penelitian menunjukan terdapat 56,7% sampel mengalami stres kerja tingkat rendah. Analisis statistik menggunakan uji Rank spearman untuk melihat hubungan tekanan panasdengan stres kerja dan Uji Chi-Square untuk melihat hubungan antara beban kerja dankelelahan kerja dengan stres kerja. Hasil uji menunjukkan ada hubungan antara beban kerja fisikdengan stres kerja (p = 0.002) ada hubungan antara kelelahan kerja dengan stres kerja (p =0,001)dan juga tidak ada hubungan antara tekanan panas dengan stres kerja (p=0,764). Disarankan bagi pekerja untuk memanfaatkan waktu istirahat dengan baik dengan melakukan peregangan. Bagi pemilik Pemotongan Kayu di Kecamatan Mranggen Demak untuk melakukan pembagian tugas berdasarkan kemampuan, melakukan rotasi kerja, pembatasan beban kerja, dan penambahan ventilasi jenis Local Exhaust Kata Kunci: Beban Kerja Fisik, Kelelahan Kerja, Tekanan Panas, Stres kerja

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:63027
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:12 Jul 2018 15:03
Last Modified:12 Jul 2018 15:03

Repository Staff Only: item control page