HUBUNGAN POSTUR KERJA, REPETISI DAN TEKANAN PANAS DENGAN KELUHAN MUSCULOSKELETAL DISORDERS PADA TUBUH BAGIAN ATAS(Studi Kasus pada Pekerja Pabrik Kue Jipang Bagian Pembentukan di Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang Jawa Tengah)

VIKI , MUHAMMAD (2018) HUBUNGAN POSTUR KERJA, REPETISI DAN TEKANAN PANAS DENGAN KELUHAN MUSCULOSKELETAL DISORDERS PADA TUBUH BAGIAN ATAS(Studi Kasus pada Pekerja Pabrik Kue Jipang Bagian Pembentukan di Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang Jawa Tengah). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
34Kb

Abstract

Pekerja Pabrik Kue Jipang Ambarawa membentuk kue jipang dengan menggunakan tangan. Postur kerja dan repetisi pada tangan saat membentuk kue jipang dapat menyebabkan keluhan pada sendi, ligamen dan tendon yang berujung keluhan nyeri otot. Tekanan panas dapat mempercepat terjadinya keluhan otot tersebut.Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan postur kerja, repetisi dan tekanan panas dengan keluhan MSDspada tubuh bagian atas.Jenis penelitian ini menggunakan cross sectional study yang merupakan bentuk studi observasional dan bersifat deskriptif analitik. Populasi dari penelitian adalah seluruh pekerja Pabrik Kue jipangAmbarawa bagian pembentukan yang berjumlah 35 orang dengan metode pengambilan sampel total sampling.Instrument penelitian ini adalah kuesioner (untuk mengumpulkan data karakteristik responden dan keluhan MSDs), rekaman video (untuk melihat postur kerja danjumlah repetisi). Hasil penelitian menunjukan terdapat 91.40% sampel memiliki keluhan MSDs pada pergelangan tangan.Analisis statistik menggunakan uji Rank spearman untuk melihat hubungan tekanan panasdengan keluhan MSDs dan Uji Chi-Square untuk melihat hubungan antarapostur kerja danrepetisi dengan keluhan MSDs. Hasil uji menunjukkan ada hubungan antara variabel repetisipada pergelangan tangan (p=0.049). Tidak ada hubungan antara postur kerja dengan keluhan MSDs pada leher bagian atas (p=0,441), bahu (p=0,992), lengan atas (p=0,416), lengan bawah(p=0,552) dan pergelangan tangan (p=0,529). Juga tidak ada hubungan antara tekanan panasdengan keluhan MSDs pada leher bagian atas (p=0,528), bahu (p=0,904), lengan atas (p=0,487), lengan bawah(p=0,380) dan pergelangan tangan (p=0,429). Disarankan bagi pekerja untuk melakukan peregangan di sela-sela melakukan pekerjaan. Bagi pemilik Pabrik Kue jipang agar mendesain ulang lay out tempat kerja Kata Kunci: Kata Kunci :Postur Kerja, Repetisi, Tekanan Panas, Keluhan Musculoskeletal Disorders Tubuh Bagian Atas

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:63025
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:12 Jul 2018 14:46
Last Modified:12 Jul 2018 14:46

Repository Staff Only: item control page