HUBUNGAN KADAR PENCEMARAN UDARA (CO, SO2, NO2) DENGAN ANGKA KEJADIAN PNEUMONIA PADA BALITA (STUDI KASUS PADA BALITA DI KECAMATAN CIPAYUNG, JAKARTA TIMUR)

AL FARISI, FACHMI (2018) HUBUNGAN KADAR PENCEMARAN UDARA (CO, SO2, NO2) DENGAN ANGKA KEJADIAN PNEUMONIA PADA BALITA (STUDI KASUS PADA BALITA DI KECAMATAN CIPAYUNG, JAKARTA TIMUR). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
42Kb

Abstract

Pencemaran udara di DKI Jakarta merupakan yang terburuk di Indonesia. Di wilayah DKI Jakarta tersebar 26 titik dengan kondisi udara yang tergolong kedalam kategori tidak sehat, Kota Jakarta Timur merupakan salah satunya. Parameter pencemar seperti SO2 (54,21 µg/Nm3), NO2 (32,85 µg/Nm3), dan CO (1.31 mg/Nm3) memberikan kontribusi besar dalam pencemaran udara tersebut. Kasus pneumonia di Jakarta Timur, merupakan yang terbanyak dengan angka kejadian sebanyak 2411 kejadian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara konsentrasi parameter pencemar udara SO2, NO2, dan CO dengan angka kejadian pneumonia pada balita. Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan desain penelitian studi ekologi berdasarkan waktu. Penetapan lokasi penelitian berdasarkan cakupan Stasiun Pemantau DKI-4. Data yang digunakan bersumber dari data sekunder Catatan Laboratorium Lingkungan Hidup DKI Jakarta dan data Surveilans Kesehatan Puskesmas Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Analisis statisk dilakukan dengan uji regresi linear berganda (α = 5%). Kadar pencemaran udara rata-rata per bulan untuk parameter SO2 (41,55µg/Nm3), NO2 (29,91µg/Nm3), dan CO (1,20mg/Nm3). Angka rata-rata per bulan untuk kejadian pneumonia (151 Kejadian). Hasil analisis bivariat menjelaskan terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama-sama antara Parameter pencemaran udara SO2, NO2, dan CO dengan angka kejadian pneumonia pada balita (p = 0,001) . Kontribusi dari ketiga pencemar tersebut dengan kejadian pneumonia adalah 51,3 %. Secara parsial hanya SO2 (p=0,001) yang memiliki pengaruh secara signifikan terhadap angka kejadian pneumonia pada balita. Penelitian ini menyimpulkan bahwa tedapat pengaruh yang signifikan antara pencemaran udara ambien pada parameter SO2 dengan angka kejadian pneumonia pada balita di Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur Kata Kunci: Polusi Udara, SO2, NO2, CO, Pneumonia, Balita

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:63005
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:12 Jul 2018 08:53
Last Modified:12 Jul 2018 08:53

Repository Staff Only: item control page