PERBEDAAN FLEKSIBILITAS TRUNCUS PADA ATLET RENANG (RENANG GAYA BEBAS, RENANG GAYA DOLPHIN, RENANG GAYA DADA), BOLA VOLI DAN TAEKWONDO (Study pada atlet di klub kota Semarang Jawa Tengah)

Fajriati, Isyania and Wadji, Muhammad and Supatmo, Yuswo (2018) PERBEDAAN FLEKSIBILITAS TRUNCUS PADA ATLET RENANG (RENANG GAYA BEBAS, RENANG GAYA DOLPHIN, RENANG GAYA DADA), BOLA VOLI DAN TAEKWONDO (Study pada atlet di klub kota Semarang Jawa Tengah). Undergraduate thesis, Faculty of Medicine.

[img]
Preview
PDF
271Kb
[img]
Preview
PDF
36Kb
[img]
Preview
PDF
601Kb
[img]
Preview
PDF
172Kb

Abstract

Latar belakang : Fleksibilitas sebagai aspek penting pada setiap aktifitas manusia, misal olahraga, terutama olahraga prestasi. Fleksibilitas memiliki beberapa manfaat seperti mencegah cidera. Gerakan yang biasa dilakukan oleh atlet, seperti fleksi, ekstensi, rotasi maupun memberikan tekanan pada truncus dapat menyebabkan cidera truncus. Fleksibilitas dapat memberi keuntungan seperti mengurangi kemungkinan cidera, membantu meningkatkan prestasi, efisiensi gerakan karena penyesuaian mekanisme yang lebih baik serta membantu memperbaiki sikap tubuh.Fleksibilitas truncus sangat diperlukan dalam setiap olahraga. Lebih dari 80% orang mengalami keluhan sakit punggung selama hidupnya, hal tersebut sering terjadi ketika melakukan olahraga kompetitif. Tujuan : Untuk mengidentifikasi perbedaan fleksibilitas truncus pada atlet renang (renang gaya bebas, renang gaya dolphin, renang gaya dada), bola voli dan taekwondo Metode : Penelitian analitik observasional dengan metode cross sectional dengan sampel 90 dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu kelompok atlet renang, bola voli dan taekwondo. Penelitian dengan cara pengukuran panjang truncus atlet dengan cara passive extension. Atlet tidak diberikan stimulasi sebelum pengukuran, dilakukan pengamatan dengan tabel scoring hyperextensi truncus. Hasil : Kelompok atlet renang memiliki fleksibilitas truncus paling baik dibandingkan kelompok atlet bola voli dan taekwondo. Terdapat perbedaan tidak bermakna dari fleksibilitas truncus kelompok atlet renang dengan bola voli (p=0,105). Terdapat perbedaan signifikan dari fleksibilitas truncus kelompok atlet renang dan taekwondo (p<0,001). Terdapatt perbedaan signifikan dari fleksibilitas truncus kelompok atlet bola voli dan taekwondo(p=0,010). Kesimpulan : Fleksibilitas truncus kelompok atlet renang lebih baik dari bola voli. Fleksibilitas truncus kelompok atlet renang lebih baik dari taekwondo. Fleksibilitas truncus kelompok atlet bola voli lebih baik dari taekwondo Kata kunci : Fleksibilitas truncus, renang, bola voli, taekwondo

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Fleksibilitas truncus, renang, bola voli, taekwondo
Subjects:Q Science > QP Physiology
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Medicine
Faculty of Medicine > Department of Medicine
ID Code:62950
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:10 Jul 2018 14:47
Last Modified:10 Jul 2018 14:47

Repository Staff Only: item control page