EVALUASI PELAKSANAAN PELAYANAN MOBILE VOLUNTARY COUNSELLING AND TESTING (VCT) HIV DAN AIDS (STUDI KASUS PADA PERKUMPULAN KELUARGA BERENCANA INDONESIA (PKBI) KOTA SEMARANG DAN LENTERA ASA KOTA SEMARANG)

MAHADI, ELISRA PRABAWANTI (2018) EVALUASI PELAKSANAAN PELAYANAN MOBILE VOLUNTARY COUNSELLING AND TESTING (VCT) HIV DAN AIDS (STUDI KASUS PADA PERKUMPULAN KELUARGA BERENCANA INDONESIA (PKBI) KOTA SEMARANG DAN LENTERA ASA KOTA SEMARANG). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
45Kb

Abstract

Berbagai upaya telah dilakukan untuk menurunkan angka kesakitan HIV /AIDS di Indonesia, salah satu program yang dilaksanakan adalah melaksanakan deteksi dini untuk mengetahui status seseorang sudah terinfeksi HIV atau belum melalui Konseling dan Tes HIV secara Sukarela (KTS). Klinik bergerak atau mobile VCT merupakan strategi peningkatan akses VCT dengan melaksanakan penjangkauan pada populasi kunci HIV. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan pelaksanaan program mobile VCT yang dilaksanakan oleh Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Kota Semarang dan Lentera Asa Kota Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data penelitian ini didapatkan dengan melakukan wawancara mendalam pada informan yang merupakan pelaksana dan klien mobile VCT dari kedua LSM yang menjadi studi kasus penelitian ini. Pada penelitian ini ditemukan bahwa kedua LSM melaksanaan mobile VCT dimulai dengan melakukan penjangkauan, penyuluhan, konseling pra testing, testing HIV, konseling pasca testing dan pelayanan dukungan berkelanjutan. PKBI Kota Semarang melaksanaan mobile VCT dengan melibatkan layanan kesehatan pemerintah dan klinik mandiri PKBI yaitu Klinik Griya Asa. Pada pelaksanan mobile VCT yang diselenggarakan oleh PKBI Kota Semarang, konseling tidak hanya dilaksanaan oleh konselor profesional tetapi juga dilaksanakan oleh konselor awam yang bertugas sebagai petugas lapangan. Pada mobile VCT yang dilaksanakan oleh Lentera Asa, seluruh pelayanan VCT dilaksanakan oleh layanan kesehatan pemerintah tetapi tidak tersedia petugas manajemen kasus yang sudah bersertifikat dari lembaga. PKBI Kota Semarang memiliki pendataan mobile VCT dalam bentuk laporan tiap pelaksanaan dan bulanan sedangkan Lentera Asa melakukan pendataan dalam bentuk pendataan kumulatif. Perlu peninjauan ulang terhadap kualifikasi pemberi layanan dan pendataan pelaksanaan mobile VCT Kata Kunci: HIV, mobile VCT, pelaksanaan

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:62931
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:10 Jul 2018 14:03
Last Modified:10 Jul 2018 14:03

Repository Staff Only: item control page