ANALISIS HUBUNGAN VARIASI LAND SURFACE TEMPERATURE DENGAN KELAS TUTUPAN LAHAN MENGGUNAKAN DATA CITRA SATELIT LANDSAT (Studi Kasus: Kabupaten Pati)

Suprayogi, Andri and SASMITO, BANDI and Subiyanto, Sawitri and 21110112140088, Anggoro Wahyu Utomo (2018) ANALISIS HUBUNGAN VARIASI LAND SURFACE TEMPERATURE DENGAN KELAS TUTUPAN LAHAN MENGGUNAKAN DATA CITRA SATELIT LANDSAT (Studi Kasus: Kabupaten Pati). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF (JUDUL) - Draft Version
642Kb
[img]PDF (BAB I) - Draft Version
Restricted to Repository staff only

25Kb
[img]PDF (BAB II) - Draft Version
Restricted to Repository staff only

455Kb
[img]PDF (BAB III) - Draft Version
Restricted to Repository staff only

1000Kb
[img]PDF (BAB IV) - Draft Version
Restricted to Repository staff only

1532Kb
[img]PDF (BAB V) - Draft Version
Restricted to Repository staff only

110Kb
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Draft Version
112Kb
[img]PDF (LAMPIRAN) - Cover Image
Restricted to Repository staff only

3620Kb

Abstract

ABSTRAK Perkembangan teknologi penginderaan jauh ditandai dengan semakin banyaknya satelit yang digunakan untuk keperluan studi sehingga mendorong pemanfaatannya dalam berbagai bidang. Satelit Landsat milik NASA dalam perkembangannya telah menghasilkan beberapa generasi, di antaranya adalah Landsat 7 dan yang terbaru Landsat 8. Satelit Landsat 8 merupakan misi kelanjutan dari Landsat 7, karakteristik kedua satelit tersebut hampir sama dalam hal resolusi spasial, spektral dan temporalnya serta karakteristik sensornya. Sensor pada satelit ini dilengkapi inframerah thermal yang dapat mendeteksi suhu permukaan. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Pati. Adapun data yang digunakan adalah data Landsat 7 dan Landsat 8. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan variasi antara land surface temperature dengan kelas tutupan lahan memanfaatkan teknologi penginderaan jauh yaitu metode klasifikasi terbimbing dan pengolahan suhu permukaan menggunakan metode mono-window brightness temperature. Hasil dari pengolahan tersebut akan dilakukan analisis spasial menggunakan zonal statistic, dimana hasilnya adalah nilai minimal, maksimal, rata-rata dan range serta standar deviasi dari suhu permukaan di setiap satuan pemetaan tutupan lahan yang dihasilkan. Kemudian hasil dari nilai tersebut dilakukan perbandingan antara standar deviasi terhadap range, sehingga hasil dari perbandingan tersebut dapat digunakan untuk mengetahui variasi hasil olahan suhu permukaan terhadap tiap tutupan lahan yang dihasilkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pengolahan suhu permukaan didapatkan hasil suhu permukaan rata-rata pada wilayah penelitian untuk bulan Mei 2016 berkisar antara 29,020C; bulan Juni 2016 berkisar antara 23,000C dan bulan Juli 2016 berkisar antara 20,920C. Sedangkan hubungan antara land surface temperature dengan kelas tutupan lahan didapatkan hasil suhu tertinggi pada lahan terbangun dan suhu terendah pada kelas non pertanian. Untuk hasil variasi suhu permukaan paling rendah terdapat pada kelas Perairan, hal ini ditunjukkan oleh nilai rata-rata rasio antara 2σ terhadap range sebesar 17,16%. Sedangkan hasil variasi suhu permukaan paling tinggi terdapat pada kelas Non Pertanian, hal ini berdasarkan hasil dari rata-rata rasio antara antara 2σ terhadap range sebesar 22,23%. Kata Kunci: Land Surface Temperature, Penginderaan Jauh, Satelit Landsat, Tutupan Lahan

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:G Geography. Anthropology. Recreation > GC Oceanography
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Geodesic Engineering
Faculty of Engineering > Department of Geodesic Engineering
ID Code:62883
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:06 Jul 2018 09:23
Last Modified:06 Jul 2018 16:28

Repository Staff Only: item control page