APLIKASI PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN SISWA BARU MENGGUNAKAN METODE SMARTER DAN PROMETHEE (STUDI KASUS SMA N 1 GABUS KABUPATEN GROBOGAN)

Sari, FITRIANA PUSPITA and Bahtiar, Nurdin (2018) APLIKASI PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN SISWA BARU MENGGUNAKAN METODE SMARTER DAN PROMETHEE (STUDI KASUS SMA N 1 GABUS KABUPATEN GROBOGAN). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

458Kb

Abstract

Penerimaan siswa baru merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan sekolah untuk menyeleksi calon siswa barunya. Pada SMA N 1 Gabus, proses penyeleksian masih dilakukan secara semi manual dengan bantuan perangkat komputer menggunakan aplikasi spreadsheet untuk perhitungan data dan perangkingan. Perhitungan ini memungkinkan terjadinya human error sehingga menyebabkan ketidaksesuaian hasil perhitungan perangkingan dalam penyeleksian calon siswa baru. Oleh karena itu diperlukan sebuah sistem pendukung keputusan yang dapat membantu proses penyeleksian tersebut. Penelitian ini menghasilkan aplikasi pendukung keputusan penerimaan siswa baru dengan menggunakan metode Simple Multi Attribute Rating Technique Exploiting Ranks (Smarter) dan Preference Ranking Organization Method for Enrichment Evaluation (Promethee). Kriteria yang digunakan berupa nilai rata-rata Ujian Nasional, nilai rata-rata Ujian Sekolah, nilai Tes Tertulis, dan nilai rata-rata Raport. Dalam penerapannya, metode Smarter digunakan untuk pembobotan kriteria dan metode Promethee digunakan untuk menentukan urutan atau perangkingan dari alternatif. Hasil penelitian dengan menggunakan 240 data calon siswa baru pada SMA N 1 Gabus menunjukkan nilai similarity sebesar 95,83% dan usability acceptance sebesar 89,2 %

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:62879
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:05 Jul 2018 15:06
Last Modified:05 Jul 2018 15:06

Repository Staff Only: item control page