SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN REKOMENDASI JENIS TINDAKAN TERHADAP LOKASI PELANGGARAN LALU LINTAS DI KABUPATEN JEPARA MENGGUNAKAN METODE ANALYTIC HIERARCHY PROCESS DAN VISUAL PEMETAAN DENGAN GIS

Aprilia, AYU RIANA DEVI and Waspada, Indra (2018) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN REKOMENDASI JENIS TINDAKAN TERHADAP LOKASI PELANGGARAN LALU LINTAS DI KABUPATEN JEPARA MENGGUNAKAN METODE ANALYTIC HIERARCHY PROCESS DAN VISUAL PEMETAAN DENGAN GIS. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

703Kb

Abstract

Pelanggaran hukum merupakan tindakan yang menyimpang dari peraturan atau hukum yang berlaku disuatu Negara. Salah satu jenis pelanggaran hukum yang sering terjadi adalah pelanggaran lalu lintas. Untuk mengatasi pelanggaran lalu lintas disuatu daerah, aparatur kepolisian memiliki tiga jenis tindakan yaitu penyuluhan, patroli, dan razia. Namun, dalam pelaksanaannya belum tepat sasaran. Oleh karena itu, diperlukan sebuah sistem yang dapat memberikan rekomendasi terhadap jenis tindakan yang dilakukan kepada lokasi pelanggaran lalu lintas. Data yang dibutuhkan adalah usia pelanggar khususnya pelanggar diatas 17 tahun, usia pelanggar dibawah 17 tahun ,dan kejadian kecelakaan yang dianalisis dengan menggunakan Metode Analytic Hierarchy Process (AHP) untuk menghasilkan urutan prioritas. Sistem ini menghasilkan rekomendasi jenis tindakan terhadap pelanggaran lalu lintas dalam bentuk peta yang dapat menampilkan warna merah untuk razia, warna kuning untuk patroli, dan warna hijau untuk penyuluhan sehingga membantu mengambil keputusan. Setelah sistem selesai dikembangkan, dilakukan pengujian yaitu pengujian sistem menggunakan black box dan usability testing. Hasil pengujian menunjukkan bahwa fungsionalitas sistem yang diterapkan pada sistem sudah berjalan dengan semestinya, serta pengguna merasa terbantu dengan adanya sistem yang telah dibangun.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:62877
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:05 Jul 2018 14:46
Last Modified:05 Jul 2018 14:46

Repository Staff Only: item control page