ANALISIS PENENTUAN NILAI EKONOMI KAWASAN MENGGUNAKAN TCM (TRAVEL COST METHOD) DAN CVM (CONTINGENT VALUATION METHOD) DENGAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (Studi kasus: Taman Kyai Langgeng Kota Magelang)

Prasetyo, Yudo and Subiyanto, Sawitri and Amarrahman, Fauzi Janu and 21110112140072, ALFONSUS BIMA SAMUDRA (2018) ANALISIS PENENTUAN NILAI EKONOMI KAWASAN MENGGUNAKAN TCM (TRAVEL COST METHOD) DAN CVM (CONTINGENT VALUATION METHOD) DENGAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (Studi kasus: Taman Kyai Langgeng Kota Magelang). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]PDF (BAB IV) - Draft Version
Restricted to Repository staff only

963Kb
[img]PDF (BAB III) - Draft Version
Restricted to Repository staff only

3272Kb
[img]PDF (BAB II) - Draft Version
Restricted to Repository staff only

1077Kb
[img]PDF (BAB I) - Draft Version
Restricted to Repository staff only

128Kb
[img]
Preview
PDF (JUDUL) - Draft Version
997Kb
[img]
Preview
PDF
11Kb
[img]PDF (V) - Draft Version
Restricted to Repository staff only

11Kb
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Draft Version
87Kb
[img]
Preview
PDF (LAMPIRAN)
3846Kb

Abstract

ABSTRAK Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak tempat wisata yang menarik untuk di kunjungi. Kota Magelang adalah salah satu kota yang menjadi tujuan bagi para wisatawan untuk melakukan kunjungan. Salah satu tempat wisata yang menjadi ujung tombak Kota Magelang adalah Taman Kyai Langgeng. Dengan adanya objek wisata yang banyak maka diperlukan juga pengelolaan yang ekstra. Berdasarkan hal tersebut maka diperlukan pembuatan Zona Nilai Ekonomi Kawasan (ZNEK) untuk mengetahui nilai total ekonomi dan manfaat berdasarkan keinginan untuk membayar (willingness to pay) wisatawan dan masyarakat yang memperoleh manfaat dari Taman Kyai Langgeng. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Travel Cost Method (TCM) untuk mendapatkan nilai kegunaan (UV) dan Contingent Valuation Method (CVM) untuk mendapatkan nilai bukan kegunaan (NUV). Data yang digunakan adalah 70 responden untuk TCM dan 70 responden untuk CVM yang di lakukan dengan menyebar kuisioner dengan metode sampel aksidential dimana siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel, bila dipandang orang yang kebetulan ditemui itu cocok sebagai sumber data. Metode pengolahan data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dan menghitung nilai total ekonomi menggunakan perangkat lunak maple 17. Serta dilakukan juga pengujian asumsi klasik (normalitas, heteroskedastisitas, multikolinieritas dan autokorelasi), validitas dan reliabilitas menggunakan SPSS 17. Hasil uji asumsi klasik dari penelitian ini menunjukkan semua data berdistribusi normal, tidak mengalami heteroskedastisitas, tidak memiliki multikolinieritas dan terbebas dari autokorelasi. Sedangkan hasil uji validitas dan reliabilitas menunjukkan hasil valid dan reliable pada model yang digunakan. Hasil dari perhitungan nilai total ekonomi di dapatkan nilai total kegunaan sebesar Rp. 695.572.615.400, nilai total bukan kegunaan sebesar Rp. 16.095.842.250. Sehingga di peroleh nilai total ekonomi Taman Kyai Langgeng sebesar Rp. 711.668.457.650. Nilai total ekonomi menghasilkan peta zona nilai ekonomi kawasan yang dapat digunakan untuk evaluasi nilai kawasan Taman Kyai Langgeng. Kata Kunci: Contingent Valuation Method, Regresi Linear Berganda, Travel Cost Method, Zona Nilai Ekonomi Kawasan

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:G Geography. Anthropology. Recreation > GB Physical geography
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Geodesic Engineering
Faculty of Engineering > Department of Geodesic Engineering
ID Code:62860
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:05 Jul 2018 15:08
Last Modified:05 Jul 2018 15:08

Repository Staff Only: item control page