APLIKASI PENENTUAN NOMINAL PEMBERIAN KREDIT MODAL USAHA DENGAN METODE NAIVE BAYES CLASSIFIER (STUDI KASUS SPKP PNPM MANDIRI KECAMATAN WIROSARI)

NURFORTUNA, NORA HERNA and Sarwoko, Eko Adi (2018) APLIKASI PENENTUAN NOMINAL PEMBERIAN KREDIT MODAL USAHA DENGAN METODE NAIVE BAYES CLASSIFIER (STUDI KASUS SPKP PNPM MANDIRI KECAMATAN WIROSARI). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

679Kb

Abstract

Kegiatan SPKP pada PNPM Mandiri memberikan permodalan untuk kelompok perempuan yang mempunyai kegiatan simpan pinjam. Dalam pelaksanaannya, SPKP masih dilakukan secara manual, pemberian kredit dilakukan dengan menentukan kelas kategori nominal pemberian kredit yang sesuai dengan data calon peminjam. Dimana terdapat sejumlah 14 kelas kategori nominal pemberian kredit yang disediakan oleh PNPM Mandiri. Banyaknya calon peminjam serta faktor pertimbangan yang digunakan menyebabkan pihak PNPM Mandiri kesulitan dalam menentukan kelas nominal pemberian kredit. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat sebuah aplikasi berbasis website untuk membantu pengklasifikasian kelas nominal pemberian kredit modal usaha dengan menggunakan metode Naive Bayes Classifier. Kriteria – kriteria yang digunakan pada aplikasi ini yaitu pendapatan, pendapatan suami, pengeluaran, sisa bersih, pinjaman terakhir, serta pinjaman diajukan yang diambil dari data anggota calon kelompok peminjam. Sedangkan keluaran pada aplikasi ini berupa kelas nominal pemberian kredit modal usaha. Hasil kinerja dari aplikasi memiliki tingkat akurasi sebesar 85,71% dan nilai error 14,29%. Dari hasil yang diperoleh, Aplikasi Penentuan Nominal Pemberian Kredit Modal Usaha bekerja cukup baik dalam kegiatan SPKP pada PNPM Mandiri Kecamatan Wirosari.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:62816
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:03 Jul 2018 12:23
Last Modified:03 Jul 2018 12:23

Repository Staff Only: item control page