PENENTUAN STATUS MUTU AIR SUNGAI BERDASARKAN METODE INDEKS KUALITAS AIR–NATIONAL SANITATION FOUNDATION (IKA-NSF) SEBAGAI PENGENDALIAN KUALITAS LINGKUNGAN Studi Kasus: Sungai Jajar, Kabupaten Demak, Jawa Tegah

Nur Harenda, Muhammad Sidiq (2018) PENENTUAN STATUS MUTU AIR SUNGAI BERDASARKAN METODE INDEKS KUALITAS AIR–NATIONAL SANITATION FOUNDATION (IKA-NSF) SEBAGAI PENGENDALIAN KUALITAS LINGKUNGAN Studi Kasus: Sungai Jajar, Kabupaten Demak, Jawa Tegah. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
107Kb

Abstract

Sungai Jajar merupakan sungai yang melintasi Kabupaten Demak dan Kabupaten Grobogan. Hulu sungai jajar berada di Kabupaten Grobogan dengan penggunaan lahan sebagian besar untuk pertanian sawah dan hutan/kebun/tegalan. Sedangkan tengah dan hilir sungai jajar berada di wilayah administrasi Kabupaten Demak dengan penggunaan lahan untuk pertanian sawah dan pemukiman. Kondisi tersebut meningkatkan potensi masuknya pencemar ke sungai jajar oleh aktivitas masyarakat. Sehingga dapat mempengaruhi kondisi kualitas air Sungai Jajar. Sebagai upaya mengetahui besaran pencemaran yang terjadi di Sungai Jajar dilakukan perhitungan Indeks Kualitas Air dengan berdasarkan Indeks Kualitas Air-National Sanitation Foundation (IKA-NSF). Pada penelitian ini ditentukan 5 titik pengambilan sampel di Sungai Jajar sebagai sumber data konsentrasi pencemar untuk menghitung nilai IKA-NSF. Terdapat sembilan parameter pencemar untuk menghitung nilai IKA-NSF yaitu Temperatur, Kekeruhan, TS, pH, DO, BOD, Phospat, Nitrat, dan Fecal coliform. Berdasarkan hasil perhitungan didapatkan status mutu Sungai Jajar adalah Sedang dengan rentang nilai antara 63,37 – 70,16. Nilai IKA-NSF terendah adalah segmen 2 dengan nilai 63,37. Sedangkan nilai IKA-NSF tertinggi adalah segmen 4 dengan nilai 70,16. Strategi pengendalian pencemaran Sungai Jajar direncanakan pada setiap segmen dan didasarkan pada pencemar dominan pada setiap segmen.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Environmental Engineering
Faculty of Engineering > Department of Environmental Engineering
ID Code:62815
Deposited By:Ms teknik lingkungan
Deposited On:03 Jul 2018 11:49
Last Modified:03 Jul 2018 11:49

Repository Staff Only: item control page