STUDI PEMBUATAN PUPUK ORGANIK CAIR DARI KOMPOS PADAT SAMPAH DAUN KERING TPST UNDIP DENGAN VARIASI BAHAN MIKROORGANISME LOKAL (MOL) DAUN ANGSANA, DAUN MAHONI, DAN DAUN GLODOKAN

Rangkuti, Maya Ellisa (2018) STUDI PEMBUATAN PUPUK ORGANIK CAIR DARI KOMPOS PADAT SAMPAH DAUN KERING TPST UNDIP DENGAN VARIASI BAHAN MIKROORGANISME LOKAL (MOL) DAUN ANGSANA, DAUN MAHONI, DAN DAUN GLODOKAN. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
10Kb

Abstract

Banyaknya sampah daun kering yang dihasilkan dari pepohonan di sekitar lingkungan Kampus Universitas Diponegoro-Tembalang berpotensi untuk diolah menjadi kompos atau pupuk organik. TPST Undip telah melakukan pengomposan terhadap sampah daun dengan metode konvensional dan EM4 sebagai aktivator. EM4 dapat diganti dengan mikroorganisme lokal (MOL) sebagai bioaktivator yang dibuat dengan memanfaatkan bahan yang ada di sekitar. Pohon Angsana, Pohon Mahoni, dan Pohon Glodokan mudah di jumpai di lingkungan sekitar kampus oleh karena itu daun dari pohon tersebut berpotensi sebagai bahan dasar pembuatan MOL. Hasil dari pengomposan sampah daun kering dapat dikembangkan menjadi pupuk organik cair (POC) melalui proses fermentasi aerob. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh variasi bahan MOL terhadap kandungan unsur hara makro pada kompos padat dan POC yang dihasilkan. Pengomposan dilakukan selama 28 hari sedangkan fermentasi POC dilakukan selama 3 hari dengan menggunakan MOL yang terdiri dari 3 jenis variasi bahan yaitu MOL A (Angsana-Mahoni), B (Angsana-Glodokan), C(Mahoni-Glodokan). Saat proses pengomposan dan fermentasi POC dilakukan pengukuran suhu,pH dan kadar air serta dilakukan pengujian terhadap unsur hara makro. Berdasarkan hasil penelitian penambahan MOL dengan variasi bahan tidak memberikan pengaruh yang cukup signifikan terhadap kandungan unsur hara kompos padat dan pupuk organik cair yang dihasilkan. Pupuk organik cair paling optimal didapatkan pada reaktor dengan penambahan MOL A (RA) dan MOL B (RB).

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Environmental Engineering
Faculty of Engineering > Department of Environmental Engineering
ID Code:62805
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:03 Jul 2018 00:16
Last Modified:03 Jul 2018 00:16

Repository Staff Only: item control page