SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY ANALYTIC HIERARCHY PROCESS UNTUK PEMILIHAN PROGRAM STUDI PADA PERGURUAN TINGGI BERDASARKAN KEMAMPUAN SISWA (STUDI KASUS : SMA NEGERI 2 SEMARANG)

Anwar, Muhamad Faqihudin and Sasongko, Priyo Sidik (2018) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY ANALYTIC HIERARCHY PROCESS UNTUK PEMILIHAN PROGRAM STUDI PADA PERGURUAN TINGGI BERDASARKAN KEMAMPUAN SISWA (STUDI KASUS : SMA NEGERI 2 SEMARANG). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

1245Kb

Abstract

Setiap tahun, siswa Sekolah Menengah Atas yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi harus menentukan pilihan program studi yang ingin diambil. Siswa berkonsultasi dengan pihak sekolah khususnya Guru Bimbingan Konseling (BK) dalam menentukan program studi. Guru BK seringkali merasa kesulitan dalam membantu mengarahkan siswa mengambil pilihan program studi sesuai dengan kemampuan siswa tersebut. Pemanfaatan teknologi informasi merupakan salah satu cara untuk mempermudah Guru BK dalam mengarahkan siswa dalam memilih program studi. Sistem Pendukung Keputusan (SPK) merupakan suatu sistem yang dapat membantu seseorang dalam mengambil keputusan dari suatu permasalahan. Tujuan dari penelitian ini adalah membangun SPK pemilihan program studi pada perguruan tinggi menggunakan metode Fuzzy Analytic Hierarchy Process (FAHP). Metode FAHP dapat menangani masalah yang memiliki unsur ketidakpastian. Pemilihan program studi menggunakan 11 kriteria yang terdiri dari 6 nilai rapor dengan data pasti atau angka, dan 5 nilai Tes Potensi Akademik dengan data yang tidak pasti. Penelitian ini menghasilkan SPK pemilihan program studi pada perguruan tinggi dan dengan menggunakan 30 data sampel dari SMA Negeri 2 Semarang, dihasilkan tingkat kecocokan sebesar 83,33%. Sistem tersebut diharapkan dapat membantu Guru BK dalam mengarahkan siswa untuk menentukan program studi sesuai dengan kemampuan siswa.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:62800
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:02 Jul 2018 15:27
Last Modified:02 Jul 2018 15:27

Repository Staff Only: item control page