Pengaruh Psikoedukasi Daring terhadap Intensi "Health-Seeking" Informal pada Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Diponegoro

Prabandari, Kirana and Indriana, Yeniar (2018) Pengaruh Psikoedukasi Daring terhadap Intensi "Health-Seeking" Informal pada Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Diponegoro. Undergraduate thesis, Undip.

[img]
Preview
PDF
352Kb

Abstract

Intensi health-seeking informal adalah sebuah keputusan terencana yang dilakukan dengan cara mengkomunikasikan masalahnya pada orang terdekat (significant others) dengan tujuan untuk mendapatkan saran, dukungan, dan bantuan untuk menurunkan taraf permasalahan yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh empat tema intervensi psikoedukasi daring yakni insomnia, self-injury, sindrom stockholm, dan bunuh diri yang diberikan selama tujuh hari terhadap intensi health-seeking informal. Hipotesis dalam penelitian ini ialah terdapat perbedaan skor intensi health-seeking informal yang signifikan pada subjek sebelum dan sesudah mendapat psikoedukasi daring. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan one-group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Diponegoro angkatan 2017. Subjek penelitian berjumlah 40 mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Diponegoro angkatan 2017 yang didapatkan dengan menggunakan teknik two stages cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan skala intensi health-seeking informal (34 aitem dengan α=0,914). Berdasarkan hasil analisis paired sample t-test menunjukkan adanya kenaikan yang signifikan pada skor intensi health-seekinginformal pada subjek setelah mendapatkan psikoedukasi via daring/instagram (Msebelum=100,23; SDsebelum=9,407; Msesudah=101,68; SDsesudah=9,975; t(39)= -2,243; p=0,031), sehingga hipotesis yang diajukan oleh peneliti terbukti.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:62784
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:26 Feb 2019 13:38
Last Modified:26 Feb 2019 13:38

Repository Staff Only: item control page