HUBUNGAN ANTARA WORK-FAMILY BALANCE DENGAN KEPUASAN KERJA PADA TENAGA KEPENDIDIKAN DI UNIT BIRO DAN UNIT LEMBAGA UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG

Tarigan, Cindy Febria and Ratnaningsih, Ika Zenita (2019) HUBUNGAN ANTARA WORK-FAMILY BALANCE DENGAN KEPUASAN KERJA PADA TENAGA KEPENDIDIKAN DI UNIT BIRO DAN UNIT LEMBAGA UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG. Undergraduate thesis, Undip.

[img]
Preview
PDF
115Kb

Abstract

HUBUNGAN ANTARA WORK-FAMILY BALANCE DENGAN KEPUASAN KERJA PADA TENAGA KEPENDIDIKAN DI UNIT BIRO DAN UNIT LEMBAGA UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG Cindy Febria Tarigan 15010114120057 Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara work-family balance dengan kepuasan kerja pada tenaga kependidikan di unit biro dan unit lembaga Universitas Diponegoro Semarang. Kepuasan kerja didefinisikan sebagai hasil persepsi karyawan terhadap pekerjaannya yang dinilai penting. Work-family balance merupakan sejauh mana individu terlibat dan puas dengan peran dalam urusan pekerjaan dan keluarga. Populasi penelitian ini sebanyak 140 tenaga kependidikan di unit biro dan unit lembaga Universitas Diponegoro Semarang, dengan sampel penelitian sejumlah 98 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini adalah Skala Kepuasan Kerja (24 aitem; α = 0,906) dan Skala Work-Family Balance (17 aitem; α = 0,860). Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara work-family balance dengan kepuasan kerja (r = 0,610; p<0,001). Work-family balance memberikan sumbangan efektif sebesar 37,2% terhadap kepuasan kerja. Hasil penelitian ini juga menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara tingkat work-family balance pria (M = 54,27; SD = 4,76) dengan work-family balance wanita (M = 51,96; SD = 4,72) dimana work-family balance wanita diketahui lebih rendah dibandingkan dengan pria (t (96) = 2,17; p = 0,032). Kata Kunci: kepuasan kerja, work-family balance, tenaga kependidikan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:62782
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:20 Aug 2019 14:17
Last Modified:27 Aug 2019 14:20

Repository Staff Only: item control page