HUBUNGAN ANTARA KOMUNIKASI INTERPERSONAL REMAJA-ORANGTUA DENGAN REGULASI EMOSI PADA SISWA SMKN 5 SEMARANG

Choirunissa, Rachel and Ediati, Annastasia (2018) HUBUNGAN ANTARA KOMUNIKASI INTERPERSONAL REMAJA-ORANGTUA DENGAN REGULASI EMOSI PADA SISWA SMKN 5 SEMARANG. Undergraduate thesis, UNDIP.

[img]
Preview
PDF
114Kb

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara komunikasi interpersonal remaja-orangtua dengan regulasi emosi siswa SMKN 5 Semarang. Masa remaja merupakan masa peralihan dari masa anak-anak ke masa dewasa menuntut individu mencapai kematangan biologis, kognitif, dan sosio-emosional, namun perubahan-perubahan juga terjadi pada aspek biologis, kognitif, dan sosio-emosional. Remaja memerlukan kemampuan dalam mengatur emosinya yang disebut regulasi emosi. Regulasi emosi merupakan sekumpulan strategi untuk mengekpresikan emosi individu baik sadar atau tidak sadar dengan cara mengurangi atau memperkuat aspek respon emosi yaitu perilaku dan pengalaman. Kemampuan regulasi emosi mempengaruhi remaja dalam bersikap dan berperilaku sesuai norma serta nilai yang berlaku, sehingga remaja dapat mencapai kematangan yang diinginkan. Keluarga merupakan kelompok sosial pertama, tempat remaja belajar dan menyatakan diri dan emosinya. Hubungan remaja dengan orangtua terwujud dalam proses komunikasi interpersonal. Komunikasi interpersonal remaja-orangtua adalah proses interaksi antara remaja dan orangtua, saling terhubung dengan berbagai cara. Komunikasi interpersonal antara remaja dengan orangtua mempengaruhi perkembangan remaja. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 13 kelas (467 siswa) dengan sampel penelitian sebanyak 220 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik cluster random sampling. Alat ukur yang digunakan adalah Skala Komunikasi Interpersonal Remaja-Orangtua (34 aitem; α= 0,922) dan Skala Regulasi Emosi (31 aitem; α= 0,866). Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan positif yang signifikan antara komunikasi interpersonal remaja-orangtua dengan regulasi emosi pada siswa SMKN 5 Semarang (rxy=0,555; p<0,001).

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:62724
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:26 Feb 2019 13:48
Last Modified:26 Feb 2019 13:48

Repository Staff Only: item control page