HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN SPIRITUAL DENGAN PENYESUAIAN DIRI PADA MAHASISWA TAHUN PERTAMA DI FAKULTAS SAINS DAN MATEMATIKA UNDIP

Prima, Novita Rosa and Indrawati, Endang Sri (2018) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN SPIRITUAL DENGAN PENYESUAIAN DIRI PADA MAHASISWA TAHUN PERTAMA DI FAKULTAS SAINS DAN MATEMATIKA UNDIP. Undergraduate thesis, UNDIP.

[img]
Preview
PDF
221Kb

Abstract

Penyesuaian diri merupakan usaha yang dilakukan individu ketika menghadapi perubahaan situasi dan kondisi di lingkungan yang baru agar tercapai keharmonisan antara tuntutan diri dengan harapan dari lingkungan tempat individu berada. Kecerdasan spiritual adalah kemampuan individu dalam hal memberikan makna pada setiap peristiwa hidup yang terjadi sehingga dapat menilai tindakan yang dilakukan lebih bermakna dibandingkan orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan spiritual dengan penyesuaian diri pada mahasiswa tahun pertama di Fakultas Sains dan Matematika Undip. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan positif antara kecerdasan spiritual dengan penyesuaian diri. Populasi penelitian adalah 336 mahasiswa yang berasal dari luar Provinsi Jawa Tengah di Fakultas Sains dan Matematika Undip. Sampel penelitian berjumlah 181 orang yang diperoleh dengan teknik conveniece sampling. Alat ukur yang digunakan adalah Skala Kecerdasan Spiritual (56 aitem, α = 0,949) dan Penyesuaian Diri (39 aitem, α = 0,917). Data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil analisis menunjukkan nilai (rxy)= 0,590 dengan P=0,000 (p<0,05), artinya terdapat hubungan positif antara variabel kecerdasan spiritual dengan penyesuaian diri. Kecerdasan spiritual memberikan sumbangan efektif sebesar 34,8% terhadap penyesuaian diri pada penelitian ini.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:62721
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:26 Feb 2019 14:12
Last Modified:26 Feb 2019 14:12

Repository Staff Only: item control page