POTONGAN KOMERSIAL KARKAS AYAM KAMPUNG YANG DITAMBAH TEPUNG JAHE EMPRIT (Zingiber officinale var. Amarum) DALAM RANSUM DENGAN DURASI PENAMBAHAN YANG BERBEDA

Irmayuanita, A and Suprijatna, Edjeng and Sarengat, Warsono (2015) POTONGAN KOMERSIAL KARKAS AYAM KAMPUNG YANG DITAMBAH TEPUNG JAHE EMPRIT (Zingiber officinale var. Amarum) DALAM RANSUM DENGAN DURASI PENAMBAHAN YANG BERBEDA. In: Seminar Nasional Tentang Unggasl Lokal V, , 18-19 November 2015, Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro Semarang.

[img]
Preview
PDF
234Kb

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui potongan komersial karkas ayam kampung akibat penambahan tepung jahe emprit 2% dalam ransum dengan durasi yang berbeda. Materi yang digunakan adalah 100 Day Old Chick (DOC) umur 1 hari dengan bobot badan rata-rata 39,14 + 0,18 g (CV = 2,28%). Bahan ransum terdiri dari bekatul, jagung kuning, bungkil kedelai, Poultry Meat Meal, premix dan tepung jahe emprit. Kandang yang digunakan berbentuk kotak sebanyak 20 unit. Rancangan percobaan yang digunakan dalam penelitian adalah RAL terdiri dari 4 perlakuan 5 kali ulangan. Terdapat 4 perlakuan yaitu ransum tanpa durasi penambahan tepung jahe emprit (T ), ransum durasi penambahan tepung jahe emprit 2% 2 hari per minggu (T 1 0 ), ransum durasi penambahan tepung jahe emprit 2% 4 hari per minggu (T ), ransum durasi penambahan tepung jahe emprit 2% 6 hari per minggu (T 3 2 ). Hasil penelitian menunjukkan durasi penambahan tepung jahe emprit dalam ransum tidak berpengaruh (P>0,05) terhadap bobot dan persentase potongan komersial karkas ayam kampung. Kesimpulan penelitian adalah penambahan tepung jahe emprit 2 hari per minggu dengan penambahan 2% memberikan hasil yang optimal pada potongan komersial karkas. Kata kunci : tepung jahe emprit; durasi penambahan; ayam kampung; potongan komersial karkas.

Item Type:Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects:S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Animal Agriculture
ID Code:62615
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:05 Jun 2018 11:47
Last Modified:05 Jun 2018 11:47

Repository Staff Only: item control page