HUBUNGAN ANTARA CUSTOMER VALUE DENGAN INTENSI PEMBELIAN BATIK SEMARANGAN PADA ANGGOTA DHARMA WANITA PERSATUAN UNIVERSITAS DIPONEGORO

Nusawieta, Hana and Mujiasih, Endah (2018) HUBUNGAN ANTARA CUSTOMER VALUE DENGAN INTENSI PEMBELIAN BATIK SEMARANGAN PADA ANGGOTA DHARMA WANITA PERSATUAN UNIVERSITAS DIPONEGORO. Undergraduate thesis, Undip.

[img]
Preview
PDF
133Kb

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara customer value dengan intensi pembelian Batik Semarangan pada anggota Dharma Wanita Persatuan Universitas Diponegoro. Intensi pembelian Batik Semarangan merupakan niat atau kecenderungan individu untuk membeli Batik Semarangan guna memenuhi kebutuhan serta keinginannya dan akan mengambil keputusan pembelian apabila memiliki daya beli. Intensi pembelian Batik Semarangan dipengaruhi oleh customer value, yaitu persepsi konsumen terhadap produk atau jasa yang hendak dibeli, yang kemudian dievaluasi berdasarkan penilaian keseluruhan antara apa yang akan diterima dengan pengorbanan yang telah dilakukan. Sampel penelitian berjumlah 82 dengan karakteristik subjek penelitian adalah anggota aktif Dharma Wanita Persatuan Universitas Diponegoro. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik incidental sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Skala Customer Value (14 aitem, α= 0,879) dan Skala Intensi Pembelian Batik Semarangan (19 aitem, α= 0,875). Analisis regresi sederhana menunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan antara customer value dengan intensi pembelian Batik Semarangan (rxy= 0,614 dengan p = 0,000) yang berarti bahwa semakin positif customer value maka semakin tinggi intensi pembelian Batik Semarangan. Customer value memberikan sumbangan efektif sebesar 37,6% terhadap intensi pembelian Batik Semarangan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:62608
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:20 Aug 2019 14:01
Last Modified:20 Aug 2019 14:01

Repository Staff Only: item control page