Pengaruh Model Alat Pengendali Asap Terhadap Nilai Besaran Konsentrasi Karbon Monoksida (CO) pada Alat Pembakar Sampah Portable Menggunakan Sampah Organik (Daun, Ranting, Sisa Makanan) TPST Undip

Andriyani, Fannysa Rizka (2018) Pengaruh Model Alat Pengendali Asap Terhadap Nilai Besaran Konsentrasi Karbon Monoksida (CO) pada Alat Pembakar Sampah Portable Menggunakan Sampah Organik (Daun, Ranting, Sisa Makanan) TPST Undip. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
90Kb

Abstract

Sampah selalu menjadi permasalahan di berbagai wilayah Indonesia, dikarenakan masih kurangnya kesadaran dan kepedulian masyarakat dalam mengelola sampah mengakibatkan sampah dibuang begitu saja di lahan kosong jika sudah menumpuk akan dibakar begitu saja. Pembakaran sampah merupakan proses penanganan sampah yang mudah dilakukan, namun pembakaran sampah secara terbuka dapat menyebabkan pembakaran tidak terkontrol dan gangguan lingkungan sekitar. Dengan melihat kondisi tersebut perlu teknologi pembakar sampah portable yang memiliki ruang pengendali asap dengan dua model yaitu yang pertama menggunakan water spray yang dilengkapi dengan media karbon aktif dan ram besi. Selanjutnya, yang kedua dengan model asap dicelupkan ke dalam air. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model alat pengendali asap yang cocok untuk meminimalisir timbulnya asap dan untuk mengetahui pengaruh model alat pengendali asap terhadap nilai besaran konsentrasi monoksida (CO) pada alat pembakar sampah portable. Berdasarkan penelitian yang dilakukan nilai konsentrasi karbon monoksida (CO) pada model 1 yaitu dengan spray nilai di inlet yang tertinggi sebesar 35 ppm dan yang terendah sebesar 16 ppm, sedangkan di outlet nilai tertinggi sebesar 26 ppm dan yang terendah sebesar 1 ppm. Nilai konsentrasi karbon monoksida (CO) pada model 2 yaitu dengan asap di celupkan ke air nilai di inlet yang tertinggi sebesar 33 ppm dan yang terendah sebesar 2 ppm, sedangkan di outlet nilai tertinggi sebesar 6 ppm dan yang terendah sebesar 1 ppm. Berdasarkan penelitian yang dilakukan model alat yang cocok untuk meminimalisir timbulnya asap adalah dengan menggunakan spray karena asap tidak dapat menekan air jika dicelupkan ke dalam air sehingga asap terkumpul di ruang pembakaran bahkan ada yang keluar dari tempat yang digunakan untuk memasukkan sampah, selain itu karbon monoksida tidak dapat atau sukar larut dalam air, sehingga untuk mengurangi konsentrasi karbon monoksida (CO) alat pengendali asap perlu adanya media seperti karbon aktif. Kata Kunci: Pembakaran Sampah, Pembakar Sampah Portable, Alat Pengendali Asap, Konsentrasi Karbon Monoksida (CO).

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Environmental Engineering
Faculty of Engineering > Department of Environmental Engineering
ID Code:62594
Deposited By:Ms teknik lingkungan
Deposited On:02 Jun 2018 09:47
Last Modified:02 Jun 2018 09:47

Repository Staff Only: item control page