PERBANDINGAN PERTUMBUHAN Streptococcus pneumoniae PADA MEDIA AGAR DARAH DOMBA DENGAN AGAR DARAH MANUSIA : Pengaruh Preinkubasi dalam Suplemented Todd Hewitt Broth (STHB)

Fawzia, Nabila and Hadi, Purnomo and Farida, Helmia (2018) PERBANDINGAN PERTUMBUHAN Streptococcus pneumoniae PADA MEDIA AGAR DARAH DOMBA DENGAN AGAR DARAH MANUSIA : Pengaruh Preinkubasi dalam Suplemented Todd Hewitt Broth (STHB). Undergraduate thesis, Faculty of Medicine.

[img]
Preview
PDF
508Kb
[img]
Preview
PDF
264Kb
[img]
Preview
PDF
606Kb
[img]
Preview
PDF
383Kb

Abstract

Latar Belakang Agar darah yang umum digunakan saat ini dan menjadi standar adalah dengan agar darah domba (ADD) sebagai media selektif untuk kultur Streptococcus pneumoniae. Namun di negara berkembang seperti Indonesia, penggunaan agar darah domba kurang ekonomis dan iklim tropis kurang cocok untuk pemeliharaan domba. ADM terdapat kekurangan dalam menumbuhkan bakteri karena adanya perbedaan morfologi dan komposisi darah. Penambahan prosedur kultur dengan preinkubasi dalam STHB (Suplemented Todd Hewitt Broth) diharapkan dapat meningkatkan jumlah bakteri yang tumbuh pada media kultur Tujuan Menguji efektifitas ADMG dan preinkubasi dalam STHB sebagai media untuk menumbuhkan Streptococcus pneumoniae dibandingkan dengan ADDG. Metode Penelitian ini menggunakan desain true experimental-post test only. Sampel penelitian adalah 16 swab nasofaring dari subjek sehat yang disimpan dalam media STGG pada temperatur -80OC (n=16). Pengamatan pada 18, 24, dan 48 jam meliputi kuantitas koloni,diameter koloni,diameter zona hemolisis,dan karakteristik koloni. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji Student –T (skala numerik, distribusi normal) atau uji Mann Whitney (skala numerik, distribusi tidak normal) dan uji Chi Square (skala nominal dan ordinal). Hasil Pada penelitian didapatkan perbedaan namun tidak bermakna pada kuantitas koloni (p=0,590; 0,590; 0,590), diameter koloni (p=0,985;0,809;0,985), dan karakteristik koloni (p=0,446; 1,000; 1,000). Pada diameter zona hemolisis ditemukan perbedaan bermakna antar kedua media (p=0,014;0,002;0,002). Kesimpulan Terdapat perbedaan namun tidak bermakna pada pertumbuhan bakteri S.pneumoniae dilihat dari kuantitas koloni, diameter koloni, dan karakteristik koloni. Namun didapatkan perbedaan bermakna pada diameter zona hemolisis dengan hasil lebih baik pada media. Kata Kunci: Agar Darah Domba , Agar Darah Manusia, Streptococcus pneumoniae, Suplemented Todd Hewitt Broth.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Agar Darah Domba , Agar Darah Manusia, Streptococcus pneumoniae, Suplemented Todd Hewitt Broth.
Subjects:Q Science > QR Microbiology
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Medicine
Faculty of Medicine > Department of Medicine
ID Code:62485
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:23 May 2018 09:54
Last Modified:23 May 2018 09:54

Repository Staff Only: item control page