Hubungan Kelekatan Orang tua dengan Penyesuaian Diri Siswa Boarding School di SMA Pondok Pesantren Modern Selamat Kendal

Ramadhani, Mutia Hanifa and Kustanti, Erin Ratna (2018) Hubungan Kelekatan Orang tua dengan Penyesuaian Diri Siswa Boarding School di SMA Pondok Pesantren Modern Selamat Kendal. Undergraduate thesis, Undip.

[img]
Preview
PDF
192Kb

Abstract

ABSTRAK Penyesuaian diri adalah kemampuan untuk menjalin hubungan dengan orang lain, memahami, menghargai, dan menghormati lingkungan sekitar. Kelekatan orang tua adalah suatu ikatan timbal balik yang bertahan antara orang tua dengan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kelekatan dengan orang tua terhadap penyesuaian diri pada siswa boarding school di SMA Pondok Pesantren Modern Selamat Kendal. Penelitian dilakukan pada 150 siswa SMA kelas X yang dipilih menggunakan simple random sampling. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan skala penyesuaian diri( 29 aitem valid dengan α = 0,909) dan skala kelekatan (27 aitem valid dengan α = 0,961) sebagai alat pengambilan data. Teknik analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah teknik analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rxy = 0,574 dengan p = 0,000 (p < 0,05), artinya terdapat hubungan positif antara variabel kelekatan orang tua dengan variabel penyesuaian diri, semakin positif kelekatan orang tua, maka semakin tinggi pula penyesuaian diri siswa. Kelekatan orang tua memberikan sumbangan efektif pada penyesuaian diri sebesar 32,9%, sedangkan 67,1% berdasarkan faktor-faktor lain yang tidak diungkap dalam penelitian ini.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:62472
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:26 Feb 2019 14:11
Last Modified:26 Feb 2019 14:11

Repository Staff Only: item control page