Baskara, Ammar and Widiarso, Dian Agus and Hidayatillah, Ahmad Syauqi (2018) Analisis Kestabilan Lereng Menggunakan Metode Finite Element di Desa Kunden, Kecamatan Wirosari, Kabupaten Grobogan, Provinsi Jawa Tengah. Undergraduate thesis, Faculty of Engineering.
| PDF (AMMAR BASKARA_21100112130048_2018_JUDUL) 119Kb | |
| PDF (AMMAR BASKARA_21100112130048_2018_BAB I) 102Kb | |
PDF (AMMAR BASKARA_21100112130048_2018_BAB II) Restricted to Repository staff only 799Kb | ||
PDF (AMMAR BASKARA_21100112130048_2018_BAB III) Restricted to Repository staff only 120Kb | ||
PDF (AMMAR BASKARA_21100112130048_2018_BAB IV) Restricted to Repository staff only 1380Kb | ||
PDF (AMMAR BASKARA_21100112130048_2018_BAB V) Restricted to Repository staff only 9Kb | ||
PDF (AMMAR BASKARA_21100112130048_2018_DAFTARPUSTAKA) Restricted to Repository staff only 21Kb | ||
PDF (AMMAR BASKARA_21100112130048_2018_LAMPIRAN) Restricted to Repository staff only 1522Kb |
Abstract
Pada zaman modern, percepatan pembangunan perumahan dan infrastruktur, dilakukan di berbagai daerah untuk memenuhi berbagai kebutuhan manusia yang semakin meningkat. Salah satu infrastruktur yang paling penting yaitu jalan. Berbagai penyebab yang mengakibatkan kerusakan jalan, dapat menjadi masalah yang serius apabila telah menyangkut kerugian yang besar, baik dari segi material maupun non material. Salah satu jalan yang longsor, terletak di Desa Kunden, Kecamatan Wirosari, Kabupaten Grobogan. Penelitian terhadap gerakan tanah pada kontruksi jalan dilakukan pada ruas jalan yang mengalami longsor. Kondisi bawah permukaan di mana infrastruktur jalan dibangun menjadi hal penting untuk diketahui guna menangani kerusakan infrastruktur akibat longsor. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui perkiraan kedalaman bidang gelincir, faktor keamanan dan deformasi lereng melalui pemodelan lereng menggunakan Plaxis, serta rekomendasi penanganan secara keteknikan dengan sheet pile dan bored pile dan aspek geologi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi di lapangan meliputi pemetaan geologi, pengukuran geolistrik, pemboran inti, uji SPT, dan pemetaan geoteknik; dan metode simulasi model berupa metode elemen hingga dengan bantuan software Plaxis. Sampel inti batuan hasil pemboran dilakukan uji laboratorium untuk mengetahui sifat fisik dan mekanik tanah. Hasil yang diperoleh pada daerah penelitian terdiri atas empat (4) satuan litologi, yaitu batulempung karbonatan, napal, batugamping klastik dan endapan alluvial. Bidang gelincir yang paling dalam pada lereng, yang diperkirakan dari penampang geolistrik, terdapat pada kedalaman 20,00 mbmt (meter bawa muka tanah), sedangkan pada hasil simulasi pemodelan kestabilan lereng menggunakan software Plaxis terletak pada kedalaman 19,00-20,00 mbmt. Kondisi lereng dengan pembebanan jalan memiliki nilai keamanan 1,51 dimana lereng dalam keadaan kritis dengan displacement tertinggi 16,09x10-3 m. Penanganan lereng sesuai dengan tekanan lateral dan kapasitas dukung tanah dilakukan melalui pemasangan sheet pile dengan panjang kedalaman 16,00 mbmt dan pembuatan bored pile dengan diameter 0,5 m dengan panjang kedalaman 15,00 mbmt. Nilai keamanan lereng pada tahap perkuatan tanah dengan kondisi pembebanan jalan meningkat menjadi 1,96, walaupun displacement mengalami peningkatan 55,65x10-3 m karena pengaruh pemasangan sheet pile. Katakunci : Desa Kunden, Geolistrik, Bidang Gelincir, Simulasi Model, Faktor Keamanan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QE Geology |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Geological Engineering Faculty of Engineering > Department of Geological Engineering |
ID Code: | 62457 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 21 May 2018 12:55 |
Last Modified: | 21 May 2018 12:55 |
Repository Staff Only: item control page