ANALISIS PENGARUH AGROWISATA BUNGA KRISAN TERHADAP PENDAPATAN PETANI BUNGA KRISAN DI KECAMATAN BANDUNGAN KABUPATEN SEMARANG

Lestariningsih, Umi (2018) ANALISIS PENGARUH AGROWISATA BUNGA KRISAN TERHADAP PENDAPATAN PETANI BUNGA KRISAN DI KECAMATAN BANDUNGAN KABUPATEN SEMARANG. Undergraduate thesis, Program Studi S1 Agribisnis Departemen Pertanian.

[img]
Preview
PDF
498Kb
[img]
Preview
PDF
18Kb
[img]
Preview
PDF
128Kb
[img]
Preview
PDF
118Kb
[img]
Preview
PDF
282Kb
[img]
Preview
PDF
7Kb
[img]
Preview
PDF
18Kb
[img]Microsoft Word
52Mb

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk menganalisis perbedaan pendapatan petani bunga krisan sebelum dan sesudah adanya agrowisata, serta menganalisis pengaruh agrowisata yang ditunjukkan oleh variabel jumlah pengunjung yang membeli bunga, jumlah bunga yang dibeli pengunjung, luas lahan, dan jumlah tenaga kerja terhadap pendapatan petani bunga krisan di Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode survey. Lokasi penelitian dipilih secara purposive di Agrowisata Kampung Krisan Clapar Bandungan. Responden ditentukan dengan metode purposive sampling, yaitu anggota Kelompok Tani Gemah Ripah yang menanam bunga krisan yang berjumlah 32 orang. Penelitian telah dilaksanakan pada bulan November – Desember 2017. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara yang dibantu menggunakan kuesioner, responden diperoleh dengan metode snowball sampling. Alat analisis yang digunakan adalah Paired Sample T-test dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pendapatan petani bunga krisan sebelum dan sesudah adanya agrowisata. Rata-rata pendapatan petani setelah adanya agrowisata sebesar Rp 31.713.636/tahun lebih tinggi dibanding pendapatan petani sebelum adanya agrowisata sebesar Rp 30.395.843/tahun. Agrowisata yang ditunjukkan oleh variabel jumlah pengunjung yang membeli bunga, jumlah bunga yang dibeli pengunjung, luas lahan dan jumlah tenaga kerja berpengaruh terhadap peningkatan pendapatan petani bunga krisan di Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang. Kata Kunci : agrowisata, bunga krisan, pendapatan petani.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Agribusiness
ID Code:62439
Deposited By:Mr/Mrs Mahasiswa Agribisnis
Deposited On:04 Jul 2018 14:24
Last Modified:04 Jul 2018 14:24

Repository Staff Only: item control page