PENGARUH YOGHURT DAN SOYGHURT JAHE MERAH SINBIOTIK TERHADAP KADAR MALONDIALDEHID (MDA) TIKUS PRA-SINDROM METABOLIK

Cahyani, Titin Dwi Agus and Rustanti, Ninik and Panunggal, Binar (2018) PENGARUH YOGHURT DAN SOYGHURT JAHE MERAH SINBIOTIK TERHADAP KADAR MALONDIALDEHID (MDA) TIKUS PRA-SINDROM METABOLIK. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF (If you need this thesis, please come to Department of Nutrition, Faculty of Medicine, Diponegoro University.) - Accepted Version
862Kb

Official URL: https://ejournal.undip.ac.id/index.php/jgi/

Abstract

Latar belakang : Dislipidemia dan hiperglikemia pada penderita pra-sindrom metabolik menyebabkan akumulasi radikal bebas di dalam tubuh yang dapat memicu stres oksidatif. Salah satu biomarker stres oksidatif adalah malondialdehid (MDA). Solusi untuk menurunkan jumlah radikal bebas di dalam tubuh adalah dengan konsumsi makanan tinggi antioksidan. Yoghurt dan soyghurt jahe merah mengandung antioksidan berpotensi menurunkan kadar MDA melalui pencegahan peroksidasi lipid. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yoghurt dan soyghurt jahe merah sinbiotik terhadap kadar MDA tikus pra-sindrom metabolik. Metode : Penelitian ini adalah eksperimental murni dengan desain pre-post test control group design. Sebanyak 20 ekor tikus Sprague dawley dikondisikan menjadi 5 ekor tikus sehat (hanya diberi pakan standar) dan 15 ekor pra-sindrom metabolik (diberi pakan standar dan pakan tinggi lemak dan tinggi fruktosa 4 ml/200gBB/hari selama 4 minggu). Lima ekor tikus sehat menjadi kelompok K-, dan 15 ekor dibagi menjadi 3 yaitu K+, P1 (tikus dengan intervensi yoghurt 3,4 ml/200 gBB/hari) serta P2 (tikus dengan intervensi soyghurt 3,4 ml/200 gBB/hari), intervensi dilakukan selama 4 minggu. Pengukuran MDA plasma dilakukan dengan uji ELISA. Data dianalisis dengan paired t-test dan uji ANOVA. Hasil : Tidak terdapat penurunan kadar MDA yang signifikan pada masing-masing kelompok. Penurunan kadar MDA pada masing-masing kelompok yaitu K- =28,63 ng/ml (p=0,094), K+ =12,93 ng/ml (p=0,381), P1 =19,29 ng/ml (p=0,411) dan P2 =9,15 ng/ml (p=0,540). Selain itu, tidak terdapat perbedaan kadar MDA antar kelompok setelah intervensi (p=0,826). Simpulan : Tidak terdapat pengaruh yoghurt dan soyghurt jahe merah sinbiotik terhadap kadar MDA tikus pra-sindrom metabolik.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Additional Information:If you need this thesis, please come to Department of Nutrition Science, Faculty of Medicine, Diponegoro University.
Uncontrolled Keywords:yoghurt, soyghurt, jahe merah, BAL, antioksidan, MDA
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:62372
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:15 May 2018 10:54
Last Modified:23 May 2018 08:44

Repository Staff Only: item control page