PENGARUH PERAN KELOMPOK TANI TRANGGULASI TERHADAP PENERAPAN PERTANIAN SAYURAN ORGANIK, DESA BATUR, KECAMATAN GETASAN, KABUPATEN SEMARANG

Nababan, Anggie Jumatri (2018) PENGARUH PERAN KELOMPOK TANI TRANGGULASI TERHADAP PENERAPAN PERTANIAN SAYURAN ORGANIK, DESA BATUR, KECAMATAN GETASAN, KABUPATEN SEMARANG. Undergraduate thesis, Program Studi S1 Agribisnis Departemen Pertanian.

[img]
Preview
PDF
329Kb
[img]
Preview
PDF
90Kb
[img]
Preview
PDF
192Kb
[img]
Preview
PDF
203Kb
[img]
Preview
PDF
287Kb
[img]
Preview
PDF
84Kb
[img]
Preview
PDF
163Kb
[img]
Preview
PDF
4Mb

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peran kelompok tani dan penerapan pertanian sayuran organik di kelompok tani Tranggulasi serta menganalisis pengaruh antara peran kelompok tani Tranggulasi terhadap penerapan pertanian sayuran organik. Penelitian dilaksanakan di kelompok tani Tranggulasi, Desa Batur pada tanggal 06 - 20 Desember 2017. Metode penelitian yang digunakan metode survey, sampel ditentukan dengan kriteria anggota kelompok tani yang aktif dan memproduksi sayuran organik yang berjumlah 32 orang di kelompok tani Tranggulasi. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara menggunakan kuisioner. Metode analisis yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kelompok tani yaitu sebagai kelas belajar dan unit produksi termasuk kategori sedang dengan presentase 59%, sedangkan wahana kerjasama termasuk kategori baik dengan presentase 91%. Penerapan pertanian sayuran organik juga termasuk kategori baik dengan presentase 81%. Berdasarkan uji regresi linier berganda, kelas belajar, wahana kerjasama, dan unit produksi, secara simultan berpengaruh terhadap penerapan pertanian sayuran organik. Secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan untuk unit produksi dan wahana kerjasama, sedangkan untuk kelas belajar tidak terdapat pengaruh yang signifikan. Ketiga faktor tersebut mempengaruhi penerapan pertanian sayuran organik sebesar 31%, sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci : kelas belajar, penerapan, sayuran organik, unit produksi, wahana kerjasama.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Agribusiness
ID Code:62358
Deposited By:Mr/Mrs Mahasiswa Agribisnis
Deposited On:04 Jul 2018 14:33
Last Modified:04 Jul 2018 14:33

Repository Staff Only: item control page