Hubungan Body Image dengan Asupan Energi dan Protein serta Perilaku Konsumsi Suplemen pada Mahasiwa di Semarang

Sugiar, Iglas Er and Dieny, Fillah Fithra (2018) Hubungan Body Image dengan Asupan Energi dan Protein serta Perilaku Konsumsi Suplemen pada Mahasiwa di Semarang. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]PDF (Please Contact Department of Nutrition Science, Faculty of Medicine, Diponegoro University) - Accepted Version
Restricted to Registered users only

288Kb

Official URL: https://otoroda.blogspot.com

Abstract

Latar Belakang : Remaja adalah masa mencari identitas diri termasuk penampilan selain itu remaja rentan terpengaruh oleh penggambaran media tentang bentuk tubuh ideal, sehingga perhatian pada body image pada pria sekarang ini menjadi hal serius dan dapat menyebabkan body image negatif atau tidak puas dengan tubuhnya. Padahal Body image negatif pada remaja dapat mempengaruhi asupan energi dan protein serta perilaku dalam mengkonsumsi suplemen. Metode : Penelitian ini menggunakan desain cross-sectional. Subjek berjumlah 88 orang dan merupakan mahasiswa Fakultas Hukum, Universitas Diponegoro, Semarang. Pemilihan subjek dengan kriteria tertentu atau kriteria inklusi. Data body image didapatkan menggunakan kuesioner body shape questionere (BSQ). Penilaian body image dapat dikelompokkan menjadi empat yaitu puas (<80), ketidakpuasan ringan (80-110), ketidakpuasan sedang (111-140) dan ketidakpuasan berat (>140). Asupan energi dan protein didapat dari wawancara metode recall 24 jam selama 3 hari tidak berurutan. Data perilaku konsumsi suplemen diperoleh menggunakan kuesioner yang berisi pertanyaan apa, berapa banyak, dan berapa sering konsumsi suplemen selama satu tahun terakhir. Data status gizi didapat melalui pengukuran tinggi dan berat badan kemudian dihitung IMT nya. Analisis data menggunakan program statistik komputer, dengan metode uji korelasi pearson. Hasil : Usia subjek antara 18-21 tahun. Sebagian besar subjek memiliki status gizi normal (63,6%), lalu overweight-obese (27,3%), dan underweight (9,1%). Sebanyak 57,9% memiliki body image negatif. Terdapat 98,8% subjek mengalami kekurangan asupan energi dan 62,5% kekurangan asupan protein. Sebanyak 36,4% subjek pernah mengkonsumsi suplemen, paling banyak yang dikonsumsi jenis penambah massa otot, penambah tinggi badan dan peningkat stamin. Tidak berhubungan (p>0,05) antara body image dengan asupan energi (p=0,743) dan asupan protein (p=0,948) serta tidak ada hubungan dengan perilaku konsumsi suplemen (p=0,498). Simpulan : Sebagian subjek memiliki body image negatif namun tidak berhubungan signifikan antara body image dengan asupan energi, protein dan perilaku konsumsi suplemen.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:62344
Deposited By:Dian Widanarta
Deposited On:14 May 2018 13:48
Last Modified:16 Jul 2018 13:07

Repository Staff Only: item control page