Hubungan Tingkat Kecukupan Energi, Protein, Zat Besi dan Seng dengan Z-Score (BB/TB) pada Balita Stunting Usia 12-59 Bulan di Kecamatan Genuk

Astuti, Astri Mei and Margawati, Ani and Nissa, Choirun (2018) Hubungan Tingkat Kecukupan Energi, Protein, Zat Besi dan Seng dengan Z-Score (BB/TB) pada Balita Stunting Usia 12-59 Bulan di Kecamatan Genuk. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]PDF - Accepted Version
Restricted to Registered users only

489Kb

Official URL: https://ejournal.undip.ac.id/index.php/jgi/

Abstract

Latar Belakang : Stunting merupakan permasalahan kesehatan yang banyak terjadi di dunia. Balita stunting yang mengkonsumsi asupan makanan tidak sesuai dengan kebutuhan dan terpapar penyakit infeksi akan memiliki risiko untuk mengalami permasalahan gizi seperti wasting (kurus) atau obese (kegemukan). Tujuan penelitian ini adalah menganalisis hubungan tingkat kecukupan energi, protein, zat besi dan seng dengan z-score (BB/TB) pada balita stunting. Metode : Penelitian observational dengan metode cross-sectional pada 43 balita usia 12-59 bulan yang dipilih dengan consecutive sampling. Berat badan diukur dengan baby scale dan timbangan injak, panjang badan dengan infantometer, dan tinggi badan menggunakan microtoise. Data asupan didapatkan melalui food frequency questionnaire-semi quantitative (FFQ-SQ) dan data riwayat penyakit infeksi diperoleh melalui wawancara dengan responden. Data dianalisis menggunakan uji Rank-Spearman. Hasil : Pada penelitian ini ditemukan rerata z-score BB/TB pada balita stunting -0,78±1,3 SD. Sebanyak 72,1% sampel memiliki tingkat kecukupan energi yang lebih, seluruh sampel memiliki tingkat kecukupan protein yang kurang, 51,2% sampel memiliki tingkat kecukupan zat besi yang lebih, dan 58,1% sampel memiliki tingkat kecukupan seng yang lebih. Dua puluh empat sampel (55,8%) terpapar penyakit infeksi. Tidak ada hubungan tingkat kecukupan energi (p = 0,214), protein (p = 0,739), zat besi (p = 0,134), dan seng (p = 0,163), serta penyakit infeksi (p = 0,392) dengan z-score BB/TB pada balita stunting. Simpulan : Tidak ada hubungan tingkat kecukupan energi, protein, zat besi, dan seng, serta penyakit infeksi pada balita stunting usia 12-59 bulan di Kecamatan Genuk.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Additional Information:If you need this thesis, please come to Department of Nutrition, Faculty of Medicine, Diponegoro University.
Uncontrolled Keywords:energi, protein, zat besi, seng, stunting, BB/TB
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:62340
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:14 May 2018 13:40
Last Modified:23 May 2018 08:40

Repository Staff Only: item control page