PENGARUH LATIHAN YOGA TERHADAP BERAT BADAN, PERSEN LEMAK TUBUH, LINGKAR PERUT DAN RASIO LINGKAR PINGGANG PANGGUL PADA WANITA DEWASA DENGAN KELEBIHAN BERAT BADAN

Fatimah, Putri Nur and Dieny, Fillah Fithra and Murbawani, Etisa Adi (2018) PENGARUH LATIHAN YOGA TERHADAP BERAT BADAN, PERSEN LEMAK TUBUH, LINGKAR PERUT DAN RASIO LINGKAR PINGGANG PANGGUL PADA WANITA DEWASA DENGAN KELEBIHAN BERAT BADAN. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]PDF - Accepted Version
Restricted to Registered users only

490Kb

Official URL: https://ejournal.undip.ac.id/index.php/jgi/

Abstract

Latar Belakang : Obesitas dapat menyebabkan penyakit diabetes dan kardiovaskular. Yoga mempertimbangkan aspek fisik, emosional dan mental yang dapat membantu dalam terapi obesitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan yoga terhadap berat badan, persen lemak, lingkar perut dan rasio lingkar pinggang panggul (RLPP) pada wanita dewasa awal yang kelebihan berat badan. Metode: Penelitian quasi experiment dengan rancangan pre-post test with control group design. Subjek penelitian adalah 31 wanita usia 19-23 tahun yang dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu perlakuan yang mendapat latihan yoga 60 menit sebanyak 10 kali selama 20 hari dan edukasi gizi, sedangkan kontrol hanya mendapatkan edukasi gizi. Data berat badan dan persen lemak diukur dengan BIA; lingkar perut dan RLPP diukur dengan pita ukur; dan asupan makan dengan Food Recall dan Food Frequency Questionnaire. Data dianalisis dengan uji Paired t test dan Independent t test. Hasil : Terdapat perbedaan berat badan yang signifikan setelah intervensi pada perlakuan dengan penurunan sebesar 0.81 kg ± 1.29. Sedangkan, berat badan pada kontrol mengalami kenaikan. Persen lemak dan lingkar perut mengalami penurunan pada 2 kelompok, namun pada perlakuan penurunannya lebih besar dibanding kontrol. RLPP tidak ada perubahan pada 2 kelompok. Tidak ada pengaruh latihan yoga terhadap berat badan, persen lemak, lingkar perut dan RLPP pada wanita dewasa awal yang kelebihan berat badan (p > 0,05). Kesimpulan : Latihan yoga 10 kali pada wanita kelebihan berat badan tidak berpengaruh signifikan terhadap penurunan berat badan, persen lemak, lingkar perut, RLPP.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:yoga, berat badan, persen lemak, lingkar perut, rasio lingkar pinggang panggul, obesitas
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:62331
Deposited By:Dian Widanarta
Deposited On:14 May 2018 11:59
Last Modified:22 May 2018 14:15

Repository Staff Only: item control page