PERENCANAAN FASILITAS REKREASI PADA KOLAM RETENSI DI KELURAHAN MUKTIHARJO KIDUL, SEMARANG (dalam Desain Detail Perancangan Ruang Publik)

MIOLO, Kirana Prameswari and SUWANDONO, Djoko (2015) PERENCANAAN FASILITAS REKREASI PADA KOLAM RETENSI DI KELURAHAN MUKTIHARJO KIDUL, SEMARANG (dalam Desain Detail Perancangan Ruang Publik). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]
Preview
PDF
8Kb

Abstract

Kelurahan Muktiharjo Kidul merupakan salah satu wilayah padat permukiman di Kota Semarang yang sering dilanda banjir. Pembangunan kolam retensi di Kelurahan Muktiharjo Kidul meru pakan suatu upaya yang dilakukan pemerintah untuk mengatasi banjir. Lokasi kolam retensi tepatnya berada di aliran Kali Tenggang yang merupakan bagian dari sistem drainase Semarang Timur. Proyek pembangunan kolam retensi sudah berjalan hingga saat ini, namun pembangunannya masih bersifat fungsional. Peran ruang publik bagi masyarakat sangatlah penting, selain sebagai tata ruang lingkungan, ruang publik juga dapat mengembangkan fungsi dari kawasan. Namun adanya perkembangan kota yang cepat menyebabkan kebutuhan ruang publik menjadi berkurang dan berubah fungsinya menjadi daerah komersial seperti permukiman atau perdagangan dan jasa. Akibat adanya ketersediaan ruang publik tersebut maka perlu adanya pemanfaatan ruang publik pada kolam retensi untuk menyelesaik an permasalahan akan ketersediaan ruang publik bagi masyarakat.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:N Fine Arts > NA Architecture
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning
Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning
ID Code:62310
Deposited By:JPWK Planologi
Deposited On:09 May 2018 14:33
Last Modified:09 May 2018 14:33

Repository Staff Only: item control page