STUDI EKSPLORASI TRANSFORMASI PRODUKSI RUANG PERPUSTAKAAN OLEH PEMUSTAKA DIGITAL NATIVES (Studi Kasus di Perpustakaan Pusat UGM)

FATMAWATI, Endang (2016) STUDI EKSPLORASI TRANSFORMASI PRODUKSI RUANG PERPUSTAKAAN OLEH PEMUSTAKA DIGITAL NATIVES (Studi Kasus di Perpustakaan Pusat UGM). In: Konferensi Perpustakaan Digital Indonesia (KPDI) ke-9. Tema: Transformasi Perpustakaan Digital di Era Digital Native. Topik 4: Ekstensifikasi Layanan Perpustakaan Digital Melalui Cloud Computing, 8-11 November 2016, Makassar.

[img]
Preview
PDF
428Kb

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi motif apa saja yang melatarbelakangi pemustaka digital natives berkunjung ke ruang perpustakaan, mengetahui apa yang dialami pemustaka digital natives tentang fenomena transformasi ruang perpustakaan, dan mengetahui pemustaka digital natives memaknai pengalamannya terhadap transformasi ruang perpustakaan di Perpustakaan Pusat UGM. Menggunakan perspektif kajian budaya dan media, penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi partisipan, dan penelusuran dokumen. Peneliti mengumpulkan data dari dari 3 informan pemustaka digital natives yang menggunakan ruang perpustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara textural mengenai apa yang dialami oleh pemustaka digital natives yaitu memiliki beragam motif yang melatarbelakangi berkunjung di ruang Perpustakaan Pusat UGM. Sementara itu, secara structural hasilnya dapat dideskripsikan bahwa berada di ruang perpustakaan serasa di ruang virtual, artinya pemustaka digital natives mengalami fenomena transformasi ruang perpustakaan di Perpustakaan Pusat UGM, seperti adanya perubahan ruang dalam hal fungsi ruang, alokasi ruang virtual, akses koleksi fisik ke koleksi elektronik, serta ruang yang berbasis pengetahuan. Pengalaman, perasaan dan makna yang diperoleh para informan terhadap transformasi ruang perpustakaan di Perpustakaan Pusat UGM yaitu adanya praktik ruang, representasi ruang, ruang representasional, serta sebagai arena kontestasi.

Item Type:Conference or Workshop Item (Speech)
Uncontrolled Keywords:produksi ruang, transformasi, digital natives, transisi
Subjects:Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
ID Code:62295
Deposited By:Mr. Perpustakaan Fakultas Ekonomi
Deposited On:09 May 2018 10:12
Last Modified:09 May 2018 10:16

Repository Staff Only: item control page