Perbedaan Efektivitas Pemberian Pisang Raja Dan Pisang Ambon terhadap Indeks Kelelahan Otot Anaerobik pada Remaja di Sekolah Sepak Bola

Lone, Vicka Frantya and Ardiaria, Martha and Nissa, Choirun (2017) Perbedaan Efektivitas Pemberian Pisang Raja Dan Pisang Ambon terhadap Indeks Kelelahan Otot Anaerobik pada Remaja di Sekolah Sepak Bola. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Accepted Version
1643Kb

Official URL: https://ejournal.undip.ac.id/index.php/jgi/

Abstract

Latar belakang:Kelelahan otot anaerobik terjadi karena akumulasi asam laktat sehingga asam akan menimbulkan nyeri dan menghambat kontraksi otot. Buah pisang raja (Musa paradisiaca var. Sapientum L.) dan pisang ambon (Musa paradisiaca var. Sapientum (L.) Kunt.)mengandung karbohidrat dan tinggi kalium yang akan meningkatkan kadar glukosa darah, sehingga berpotensi dalam mencegah kelelahan otot. Tujuan penelitian adalah mengetahui perbedaan efektivitas pemberian pisang raja dan pisang ambon terhadap indeks kelelahan otot anaerobik pada remaja disekolah sepak bola. Metode:Penelitian ini menggunakan desain quasi-experimental dengan rancanganpost test only with control group design. Subjek penelitian adalah39 remaja sepak bola berusia 15-18 tahun di sekolah sepak bola terang bangsa dan satria kencana serasi. Subjek dibagi kedalam 3 kelompok, yaitu kelompok kontrol mendapat air mineral 240 ml, kelompok perlakuan Imendapat pisang raja 150 g dan kelompok perlakuan II yang mendapat pisang ambon 150 g. Kelelahan otot anaerobik diukur menggunakan RAST (Running-based Anaerobic Sprint Test) dengan menghitung nilai AF (Anaerobic Fatigue). Data dianalisis dengan menggunakan uji One way ANOVA dan uji ANCOVA. Hasil :Rerata indeks AF kelompok kontrol (11,53±2,20) memiliki perbedaan bermakna dengan perlakuan I (4,30±0,80; p=0,001) begitu juga perlakuan I dengan perlakuan II (9.76 ± 2.34; p=0,001)namun tidak memiliki perbedaan bermakna pada kelompok kontrol dengan perlakuan II (p=0,171). Kesimpulan:Terdapat perbedaan efektivitas antara buah pisang raja dan pisang ambon dalam mengatasi kelelahan otot anaerobik pada remaja di Sekolah Sepak Bola. Pisang raja memiliki efek lebih besar dalam mengatasi kelelahan otot dibanding dengan pisang ambon.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:pisang raja, pisang ambon, kelelahan otot anaerobic, RAST
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:62272
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:08 May 2018 13:46
Last Modified:08 May 2018 13:46

Repository Staff Only: item control page