Asupan Vitamin D dan Paparan Sinar Matahari pada Orang yang Bekerja di Dalam Ruangan dan di Luar Ruangan

Rimahardika, Rosita and Subagio , Hertanto Wahyu and Wijayanti, Hartanti Sandi (2017) Asupan Vitamin D dan Paparan Sinar Matahari pada Orang yang Bekerja di Dalam Ruangan dan di Luar Ruangan. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Accepted Version
1485Kb

Official URL: https://ejournal.undip.ac.id/index.php/jgi/

Abstract

Latar Belakang: Tingginya defisiensi vitamin D disebabkan rendahnya asupan vitamin D dimana jumlah bahan makanan sumber vitamin D terbatas dan rendahnya paparan sinar matahari. Pekerja indoor cenderung lebih sedikit terpapar sinar matahari, sedangkan pekerja outdoor lebih banyak terpapar sinar matahari, namun jika seseorang sering menggunakan pakaian tertutup dan pelindung tubuh maka paparannya tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin D. Tujuan dari penelitian ini untuk membandingkan asupan vitamin D dan paparan sinar matahari antara orang yang bekerja di dalam ruangan dan di luar ruangan. Metode: Penelitian deskriptif analitik dilakukan di Kecamatan Sayung dengan 60 sampel usia 19-64 tahun yang diambil secara consecutive sampling. Asupan vitamin D diukur dengan SQ-FFQ, dianalisis menggunakan nutrisurvey. Paparan sinar matahari diperoleh melalui wawancara menggunakan kuesioner dan recall paparan sinar matahari 3x24 jam. Data dianalisis menggunakan uji deskriptif dan uji bivariat. Hasil: Frekuensi paparan sinar matahari lebih tinggi pada orang yang bekerja di dalam ruangan (p=0.001), bagian tubuh lebih tertutup pada pekerja di dalam ruangan (p=0.02), kebiasaan penggunaan pelindung tubuh lebih sering pada pekerja di dalam ruangan (p=0.001), total durasi terpapar sinar matahari lebih tinggi pada orang yang bekerja di luar ruangan (p=0.001), bahan pakaian polyester lebih sering dipakai orang yang bekerja di luar ruangan (p = 0.07), dan asupan vitamin D orang yang bekerja di luar ruangan lebih tinggi dibanding orang yang bekerja di dalam ruangan (p=0.79). Simpulan: Orang yang bekerja di dalam ruangan lebih berisiko defisiensi vitamin D dikarenakan rendahnya asupan vitamin D dan paparan sinar matahari akibat sering menggunakan pakaian tertutup dan pelindung tubuh.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:asupan vitamin D, paparan sinar matahari, defisiensi vitamin D, pekerja dalam ruangan, pekerja luar ruangan
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:62268
Deposited By:Dian Widanarta
Deposited On:08 May 2018 13:38
Last Modified:08 May 2018 13:38

Repository Staff Only: item control page