Kajian Fonetik Bunyi Vokal Bahasa Indonesia oleh Penutur Bahasa Indonesia di Wilayah Timur

Wahyuni , Primasari and Widagsa, Rudha (2017) Kajian Fonetik Bunyi Vokal Bahasa Indonesia oleh Penutur Bahasa Indonesia di Wilayah Timur. In: PIBSI XXXIX, 7-8 November 2017, Semarang.

[img]
Preview
PDF
379Kb

Official URL: http://eprints.undip.ac.id/62243

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bunyi vokal bahasa Indonesia (B2) yang diproduksi oleh mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang merupakan penutur asli bahasa daerah di wilayah timur Indonesia khususnya NTT melalui frekuensi forman pertama (F1) dan kedua (F2) dari masing-masing bunyi vokal tersebut. Frekuensi kedua formant dikontraskan dengan frekuensi dari penutur bahasa Indonesia standar untuk pendeskripsian titik produksi bunyi pada alat ucap, sehingga dapat diketahi kesalahan produksi dan penyimpulan persepsi. Metode penelitian ini dilakukan melalui dari pengumpulan data, analisis data hingga penyajian hasil. Data dikumpulkan melalui beberapa tahap, yaitu: mendengarkan, memproduksi, dan merekam. Selanjutnya, data diproses dengan menggunakan software PRAAT untuk mengetahui frekuensi F1 dan F2 yang dihasilkan B2 sebelum memasukkannya ke dalam Bark Scale untuk melihat karakteristik bunyi vokal yang diproduksi oleh mahasiswa yang berasal dari NTT. Langkah berikutnya adalah pendeskripsian bunyi-bunyi tersebut kemudian penyimpulan persepsi. Dari hasi penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa terdapat bunyi vokal bahasa Inggris diucapkan berbeda dengan bahasa Indonesia standar. Perbedaan tersebut terletak pada bunyi vokal /ә/. Penutur bahasa Indonesia memiliki kecenderungan mengucapkan bunyi vokal /ә/ menyerupai bunyi vokal /e/. Dilihat dari nilai frekuensi forman, bunyi vokal /ә/ yang diucapkan oleh responden merupakan bunyi vokal yang terletak di posisi depan dengan posisi bibir tidak terlalu tertutup hal ini ditunjukan dengan nilai F1 yang tidak terlalu rendah serta nilai frekuensi F2 yang tidak terlalu tinggi menunjukan posisi lidah di tengah. Kata Kunci : vokal, Indonesia Timur, persepsi

Item Type:Conference or Workshop Item (Speech)
Subjects:P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P1-1091 Philology. Linguistics > P101-410 Language. Linguistic theory. Comparative grammar > P121-149 Science of language (Linguistics)
ID Code:62243
Deposited By:Sastra Indonesia
Deposited On:07 May 2018 19:17
Last Modified:07 May 2018 19:17

Repository Staff Only: item control page