HUBUNGAN ANTARA PENGUNGKAPAN DIRI MELALUI MEDIA SOSIAL WHATSAPP DENGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA SISWA SEMESTER EMPAT SMA NEGERI 1 SALATIGA

Devi, Sabrina Sella and Siswati, Siswati (2018) HUBUNGAN ANTARA PENGUNGKAPAN DIRI MELALUI MEDIA SOSIAL WHATSAPP DENGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA SISWA SEMESTER EMPAT SMA NEGERI 1 SALATIGA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]
Preview
PDF
109Kb

Abstract

Pengungkapan diri adalah proses membagikan informasi pribadi kepada orang lain. Komunikasi interpersonal merupakan proses komunikasi tatap muka yang dilakukan antara dua orang atau lebih yang menghasilkan respon baik verbal mapun nonverbal. Perkembangan teknologi khususnya media sosial saat ini membuat banyaknya individu khususnya remaja yang beralih menggunakan media sosial sebagai media pengungkapan diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara pengungkapan diri melalui media sosial dengan komunikasi interpersonal pada remaja. Subjek dari penelitian ini adalah siswa semester empat di SMA Negeri 1 Salatiga. Populasi berjumlah 284 siswa dengan sampel penelitian sebanyak 161 siswa. Teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan skala komunikasi interpersonal (27 aitem valid, α = .853) dan pengungkapan diri melalui media sosial WhatsApp (31 aitem valid, α = .895). Hasil analisis data menggunakan analisis regresi sederhana menunjukkan koefisien korelasi rxy = .483 dengan p = .000 (p<0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa hipotesis diterima, yaitu terdapat hubungan positif antara pengungkapan diri melalui media sosial WhatsApp dengan komunikasi interpersonal siswa semester empat SMA Negeri 1 Salatiga dengan sumbangan efektif sebesar 23,4% sedangkan 76,6% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diungkap dalam penelitian ini.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:62202
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:11 May 2018 10:49
Last Modified:11 May 2018 10:49

Repository Staff Only: item control page