KAJIAN POLA DAN KARAKTERISTIK PERMUKIMAN DI WILAYAH PERI URBAN (Studi Kasus: Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang)

ARTA , Febrina Sri and PIGAWATI, Bitta (2015) KAJIAN POLA DAN KARAKTERISTIK PERMUKIMAN DI WILAYAH PERI URBAN (Studi Kasus: Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]PDF
82Kb

Abstract

Kecamatan Ungaran Timur merupakan wilayah peri urban yang muncul akibat adanya Interaksi kota-desa yang terjadi antara Kota Semarang dengan Kabupaten Semarang. Dampak dari interaksi ini yakni terjadinya percampuran karakteristik perkotaan dan pedesaan pada Kecamatan Ungaran Timur. Hal ini juga didukung dengan akses yang mudah antara kedua wilayah tersebut. Kondisi aksesibilitas yang baik ditandai dengan tingginya arus commuter atau ulang-alik sangat mendukung terjadinya interaksi antara kedua wilayah. Perkembangan kecamatan Ungaran Timur secara spasial mendapat pengaruh dari Kota Semarang sebagai akibat dari adanya interaksi wilayah. Kondisi tersebut juga akan mempengaruhi pemanfaatan lahan di Kecamatan Ungaran Timur, khususnya pengembangan permukiman. Pertambahan luasan permukiman secara tidak terencana memiliki potensi penggunaan lahan yang tidak efisien, sehingga penyediaan sarana dan prasarana permukiman menjadi tidak maksimal.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning
Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning
ID Code:62196
Deposited By:JPWK Planologi
Deposited On:02 May 2018 14:43
Last Modified:02 May 2018 14:43

Repository Staff Only: item control page