KEBERHASILAN DAN KEBERLANJUTAN PROGRAM PENATAAN LINGKUNGAN PERMUKIMAN BERBASIS KOMUNITAS(Studi Kasus: Kabupaten Kendal dan Kota Pekalongan)

RATNASARI, Dwi Jayanti and ASNAWI, Asnawi (2015) KEBERHASILAN DAN KEBERLANJUTAN PROGRAM PENATAAN LINGKUNGAN PERMUKIMAN BERBASIS KOMUNITAS(Studi Kasus: Kabupaten Kendal dan Kota Pekalongan). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]
Preview
PDF
269Kb

Abstract

Saat ini masalah terkait dengan pemanfaatan ruang sudah menjadi fenomena global. Salah satu program pemerintah yang dicetuskan untuk mengatasi masalah tersebut adalah Program Penataan Lingkungan Permukiman Berbasis Komunitas (PLPBK). Sejak tahun 2008, program PLPBK sudah dilaksanakan pada 185 desa/kelurahan di Jawa Tengah tidak terkecuali pada Kabupaten Kendal dan Kota Pekalongan yang merupakan duta program PLPBK dan dianggap baik dalam menjalankan PLPBK. Namun, pada kedua kabupaten/kota tersebut masih ada beberapa indikasi program yang belum terealisasi dan terdapat pula perubahan fungsi bangunan. Asumsinya adalah program PLPBK yang dilakukan melalui proses perencanaan kolaboratif dimana dalam prosesnya melibatkan berbagai pemangku kepentingan seharusnya akan lebih efisien sehingga program dapat berhasil dan berlanjut. Oleh karena itu, muncul pertanyaan yang menjadi dasar penelitian ini yaitu “Sejauhmana keberhasilan dan keberlanjutan program PLPBK di Kabupaten Kendal dan Kota Pekalongan?”. Berdasarkan pertanyaan tersebut, maka tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengukur tingkat keberhasilan dan keberlanjutan program PLPBK di Kabupaten Kendal dan Kota Pekalongan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning
Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning
ID Code:62187
Deposited By:JPWK Planologi
Deposited On:30 Apr 2018 15:49
Last Modified:30 Apr 2018 15:49

Repository Staff Only: item control page