Formulasi Bubur Bayi dengan Substitusi Tepung Keong Mas (Pomacea canaliculata) sebagai Alternatif Makanan Pendamping ASI (MP-ASI)

Marsyha, Dinda Dharia and Anjani, Gemala and Nuryanto, Nuryanto (2017) Formulasi Bubur Bayi dengan Substitusi Tepung Keong Mas (Pomacea canaliculata) sebagai Alternatif Makanan Pendamping ASI (MP-ASI). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF (Undergraduate Thesis) - Accepted Version
614Kb

Abstract

Latar Belakang: Prevalensi gizi kurang sebesar 15.3% di Kabupaten Grobogan disebabkan oleh asupan zat gizi anak yang kurang memenuhi Angka Kecukupan Gizi (AKG). Selah satu alternatif dalam pemenuhan zat gizi anak adalah pembuatan MP-ASI berbasis pangan lokal yang tinggi zat gizi seperti keong mas (Pomacea canaliculata). Tepung keong mas mengandung seng, besi, asam lemak omega-3 dan omega-6 yang tinggi. Tujuan: Mengetahui pengaruh substitusi tepung keong mas terhadap kandungan energi, protein, lemak serta asam lemak (omega 3 dan omega 6), karbohidrat, serat, air, abu, seng dan besi serta tingkat penerimaan pada bubur bayi untuk anak usia 6-12 bulan. Metode: Penelitian eksperimental rancangan acak lengkap satu faktor yakni pembuatan bubur bayi dengan substitusi tepung keong mas dengan variasi substitusi 5%, 10% dan 15% yang kemudian dianalisis zat gizi dan tingkat penerimaannya. Uji statistik menggunakan uji One-way Aniva untuk analisis zat gizi dan uji Friedman untuk analisis uji tingkat penerimaan. Hasil: Terdapat pengaruh substitusi tepung keong mas terhadap kandungan lemak, seng, besi, (p=0.0001), karbohidrat (p=0.011), air (p=0.003), abu (p=0.001), serta omega 3 dan omega 6. Sedangkan tidak terdapat pengaruh pada kandungan energi (p=0.678), protein (p=0.129) dan serat (p=0482). Selain itu, terdapat perbedaan terhadap tingkat penerimaan pada aspek warna, tekstur dan rasa (p=0.0001) dan tidak terdapat perbedaan tingkat penerimaan pada aspek aroma (p=0.798). Simpulan: Berdasarakan analisis zat gizi, substitusi tepung keong mas dapat meningkatkan kandungan mineral seperti seng, besi, dan lemak MP-ASI, khususnya kandungan asam lemak omega-3 dan omega-6.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:MP-ASI, bubur bayi, tepung keong mas, nilai zat gizi
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:62183
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:30 Apr 2018 10:50
Last Modified:30 Apr 2018 10:50

Repository Staff Only: item control page