Formulasi Bubur Bayi Berbahan Kerang Sungai (Pilsbryoconcha Exilis) sebagai Manifestasi Makanan Pendamping ASI (MP-ASI) Stunting Usia Baduta

Putri, Sylvia Rahmi and Anjani, Gemala and Nuryanto, Nuryanto (2017) Formulasi Bubur Bayi Berbahan Kerang Sungai (Pilsbryoconcha Exilis) sebagai Manifestasi Makanan Pendamping ASI (MP-ASI) Stunting Usia Baduta. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF (Undergraduate Thesis) - Accepted Version
649Kb

Abstract

Latar Belakang : Berdasarkan survei awal di daerah Grobogan Jawa Tengah, salah satu pangan lokal yang memiliki kandungan zat gizi prospektif dikembangkan yaitu kerang sungai. Bahan ini memiliki kandungan besi dan seng yang tinggi, sehingga dapat dijadikan sebagai alternatif MP-ASI stunting di daerah tersebut. Hasil laporan PSG tahun 2015, khususya Kabupaten Grobogan dengan permasalahan stunting sebesar 31,5% yang terdiri dari 7,2% sangat pendek dan 24,1% pendek. Dari faktor kejadian stunting, peran MP-ASI berupa bubur bayi merupakan komponen terpenting dalam pemenuhan gizi bayi. Sehingga bahan baku MP-ASI di subtitusikan dengan tepung kerang sungai. Tujuan : Mengetahui kandungan zat gizi tepung kerang sungai dan formulasi MP-ASI, serta uji daya terima MP-ASI pada bubur bayi bersubtitusi kerang sungai dengan berbagai formulasi. Metode : Penelitian dibagi menjadi dua tahap penelitian yaitu tahap awal melakukan proses penentuan formulasi dengan cara penepungan kerang sungai, analisis zat gizi, dan perhitungan formula. Tahap kedua dilakukan proses pengolahan formulasi MP-ASI dengan cara pembuatan formula, analisis zat gizi, dan uji daya terima terhadap MP-ASI pada bubur bayi bersubtitusi kerang sungai. Uji daya terima dilakukan oleh 25 panelis agak terlatih. Analisis statistik dari kandungan zat gizi menggunakan one way ANOVA dan uji daya terima menggunakan uji Friedman. Hasil : Terdapat pengaruh subtitusi kerang sungai terhadap kandungan protein (p=0,014), lemak (p=0,041), karbohidrat (p=0,039), air (p=0,0001), abu (p=0,0001), besi (p=0,0001), dan seng (p=0,0001). Tidak terdapat pengaruh subtitusi kerang sungai terhadap kandungan energi (p=0,129) dan serat (p=0,225). Presentase tingkat kesukaan pada uji daya terima terhadap warna (p=0,005) serta rasa (p=0,006) terdapat perbedaan secara statistik, namun tidak terdapat perbedaan terhadap aroma (p=0,913) dan tekstur (p=0,198). Simpulan : MP-ASI dengan subtitusi kerang sungai 5% (F2) dapat memenuhi syarat MP-ASI menurut KEPMENKES kecuali kandungan protein dan kadar air. Formulasi dua dapat diterima oleh panelis agak terlatih kecuali penilaian terhadap rasa. Didapatkan tepung kerang sungai dan formulasi MP-ASI kaya akan kandungan besi dan seng.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Tepung kerang sungai, MP-ASI, Nilai zat gizi, Stunting
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:62182
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:30 Apr 2018 10:48
Last Modified:30 Apr 2019 14:27

Repository Staff Only: item control page