Pengaruh Pemberian Diet Dengan Pengaturan Indeks Glikemik Dan Beban Glikemik Terhadap Kadar Glukosa Darah Atlet Sepak Bola Remaja

Siwi, Tabita Prawita and Dieny, Fillah Fithra and Fitranti, Deny Yudi (2017) Pengaruh Pemberian Diet Dengan Pengaturan Indeks Glikemik Dan Beban Glikemik Terhadap Kadar Glukosa Darah Atlet Sepak Bola Remaja. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF (Undergraduate Thesis) - Accepted Version
535Kb

Abstract

Latar Belakang: Kestabilan kadar glukosa darah merupakan kunci penting dalam pertandingan sepak bola. Makanan dengan beban glikemik (BG) rendah dapat mengurangi perubahan metabolisme selama masa postprandial dan latihan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemberian diet dengan pengaturan Indeks Glikemik (IG) dan BG terhadap kadar glukosa darah atlet sepak bola remaja. Metode: Penelitian quasi experimental pada 21 subjek atlet sepak bola laki-laki 14-18 tahun di Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) Jawa Tengah. Subjek dibagi menjadi tiga kelompok: IG tinggi dengan BG tinggi (T-T) dengan IG=70 BG=47, IG rendah dengan BG tinggi (R-T) dengan IG=35 BG=22, dan IG rendah dengan BG rendah (R-R) dengan IG=34 BG=6. Subjek dipuasakan sebelum intervensi. Data yang diambil meliputi VO2maks dan persen lemak tubuh, kadar glukosa darah 1 jam setelah intervensi (KGD 1), kadar glukosa darah 2 jam setelah pemberian intervensi (KGD 2), dan kadar glukosa darah sesaat setelah latihan lari jarak 2,4 km (KGD 3). Analisis bivariat menggunakan Kruskall Wallis test. Hasil: Ketiga kelompok memiliki karakteristik usia, persen lemak tubuh, dan VO2maks yang sama. Ada pengaruh pemberian diet dengan pengaturan IG dan BG pada KGD 1 dan KGD 2 (p<0,05), tidak ada pengaruh pemberian diet dengan pengaturan IG dan BG pada KGD 3 (p>0,05). Simpulan: Ada pengaruh pemberian diet dengan pengaturan Indeks Glikemik dan Beban Glikemik pada kadar glukosa darah 1 jam dan 2 jam setelah intervensi. Peningkatan kadar glukosa darah terjadi secara signifikan pada kelompok Indeks Glikemik rendah dengan Beban Glikemik rendah.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Indeks Glikemik, Beban Glikemik, Glukosa Darah, Atlet
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:62163
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:30 Apr 2018 09:11
Last Modified:30 Apr 2018 09:11

Repository Staff Only: item control page