KAJIAN PEMENUHAN KEBUTUHAN AIR BERSIH MELALUI PEMANFAATAN AIR TANAH INDIVIDUAL PADA RUMAH-RUMAH KOS DI KAWASAN PENDIDIKAN TINGGI TEMBALANG

SINURAT, Clara Aprilia and RAHDRIAWAN, Mardwi (2016) KAJIAN PEMENUHAN KEBUTUHAN AIR BERSIH MELALUI PEMANFAATAN AIR TANAH INDIVIDUAL PADA RUMAH-RUMAH KOS DI KAWASAN PENDIDIKAN TINGGI TEMBALANG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]
Preview
PDF
85Kb

Abstract

Kawasan Pendidikan Tinggi Tembalang memiliki skala pelayanan hingga skala nasional sehingga menarik banyak mahasiswa dari berbagai daerah. Dengan demikian terjadi proses migrasi temporer yang mempengaruhi perkembangan aktivitas bermukim atau bertempat tinggal dan tata guna lahan. Peningkatan jumlah penduduk/mahasiswa dan kebutuhan rumah kos yang tinggi berpengaruh pada peningkatan kebutuhan infrastruktur terutama air bersih. Penyediaan air bersih di permukiman sekitar Kawasan Pendidikan Tinggi Tembalang masih belum tercukupi secara optimal. PDAM hanya mampu memenuhi kebutuhan rumah sebanyak 30% dan jangkauannya terbatas pada daerah pusat kota. Sehingga rumah-rumah kos pada Kawasan Pendidikan Tinggi Tembalang memilih mengupayakan air bersih melalui pemanfaatan air tanah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui karakteristik air yang dihasilkan dari pemanfaatan air tanah secara individu oleh rumah-rumah kos dalam memenuhi kebutuhan dan peran pemangku kepentingan dalam menanggapi aktivitas tersebut.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:G Geography. Anthropology. Recreation > GF Human ecology. Anthropogeography
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning
Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning
ID Code:62157
Deposited By:JPWK Planologi
Deposited On:30 Apr 2018 09:07
Last Modified:30 Apr 2018 09:07

Repository Staff Only: item control page