EFEKTIVITAS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PENGENTASAN KEMISKINAN PADA PROGRAM GERDU KEMPLING DI KELURAHAN KEMIJEN KOTA SEMARANG

ASFI, NUSKHIYA and Wijaya, Holi Bina (2015) EFEKTIVITAS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PENGENTASAN KEMISKINAN PADA PROGRAM GERDU KEMPLING DI KELURAHAN KEMIJEN KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]
Preview
PDF
9Kb

Abstract

Kemiskinan merupakan masalah yang pada umumnya dihadapi hampir di semua negaranegara berkembang, terutama negara yang padat penduduknya seperti Indonesia. Masalah kemiskinan dianggap sebagai salah satu faktor yang dapat menghambat pertumbuhan suatu bangsa, termasuk Indonesia. Dimensi kemiskinan dalam kehidupan masyarakat muncul dalam berbagai bentuk, antara lain seperti dimensi ekonomi, sosial maupun politik. Dalam upaya pengentasan kemiskinan dibutuhkan kolaborasi dari berbagai pihak termasuk masyarakat. Masyarakat tidak lagi menjadi objek pembangunan akan tetapi menjadi subjek pembangunan karena mereka sebagai penerima manfaat dari kegiata-kegiatan dalam pengentasan kemiskinan. Sehingga dengan kata lain, kegiatan pengentasan kemiskinan yang dilakukan perlu lebih menekankan aspek pemberdayaan, antara lain perlu dilengkapi dengan pendidikan, kewirausahaan, guna mengubah sikap mental ketergantungan serta mengembangkan etos kerja, sehingga dapat menumbuhkan kemandirian. Dengan cara demikian, akan memunculkan kesadaran terhadap penduduk miskin melakukan kegiatan yang produktif sehingga terjadi peningkatan pendapatan dan dapat mengurangi kemiskinan. Sebagaimana kota-kota lain di Indonesia, sebagai kota yang mengalami perkembangan, Kota Semarang tidak terlepas dari masalah kemiskinan. Berbagai program pengentasan kemiskinan telah dilakukan salah satunya program Gerdu Kempling dengan pendekatan Tri Bina yang diluncurkan pada tanggal 24 maret 2011. Pada tahun 2012, salah satu kelurahan yang mendapaatkan program Gerdu Kempling yaitu Kelurahan Kemijen yang jumlah penduduk miskinnya cukup banyak.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
ID Code:61985
Deposited By:JPWK Planologi
Deposited On:19 Apr 2018 13:46
Last Modified:19 Apr 2018 13:46

Repository Staff Only: item control page